Sen29Apr201914:16

Virus Herpes Kelamin, Apakah Menular?

Virus herpes kelamin bisa menular dengan mudah karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Herpes kelamin merupakan infeksi menular seksual yang bisa diderita oleh pria maupun wanita. Infeksi virus herpes kelamin akan menyebabkan rasa sakit, gatal, dan luka di sekitar daerah genital. Tak hanya melalui hubungan seksual, penularan juga bisa terjadi kepada bayi baru lahir akibat sang ibu menderita penyakit herpes.
virus herpes kelamin
virus herpes kelamin

Gejala Penyakit Herpes dan Cara Penularannya

Seseorang yang terinfeksi virus herpes kelamin untuk pertama kalinya akan merasakan beberapa gejala, seperti pembengkakan pada kelenjar getah bening, mengalami sakit di kepala, adanya sensasi terbakar ketika buang air kecil, dan nyeri pada otot. Tak hanya itu, penderita penyakit herpes juga perlu mengetahui gejala khas yang mungkin muncul, yakni berupa:

• Rasa nyeri atau gatal pada organ kelamin atau sekitar anus.
• Munculnya benjolan merah kecil atau lenting putih kecil.
• Luka akan terbentuk setelah benjolan atau lenting pecah.
• Terbentuknya luka kering atau koreng setelah luka sembuh.

Penyebab seseorang menderita penyakit herpes adalah virus herpes simpleks atau HSV. Terdapat dua tipe virus yang menyebabkan infeksi herpes pada tubuh, yaitu virus herpes simpleks tipe 1 dan tipe 2. Biasanya virus herpes kelamin disebabkan oleh infeksi tipe 2, sementara tipe 1 mengakibatkan munculnya infeksi herpes pada bibir.. Meski mudah menular, virus herpes kelamin cepat mati di luar tubuh sehingga penularan tidak mungkin terjadi karena menggunakan dudukan toilet atau berbagi penggunaan peralatan mandi.


Penanganan Terhadap Gejala Herpes Kelamin

Pengobatan untuk menghilangkan gejala herpes yang dilakukan dokter adalah memberikan antivirus. Obat antivirus diberikan karena memiliki berbagai kegunaan, seperti dapat mempercepat proses penyembuhan, mengurangi frekuensi kekambuhan, mengurangi tingkat keparahan penyakit serta durasi munculnya gejala, dan mengurangi kemungkinan terjadi penularan pada orang lain. Selain mengonsumsi obat, gejala herpes juga dapat diredakan dengan melakukan beberapa perawatan rumahan, seperti:
 

• Rutin bersihkan luka atau tukak guna mencegah terjadinya infeksi.
• Tutup luka dengan es batu yang dibalut kain guna meringankan sakit.
• Gunakan krim penghilang rasa sakit pada luka lepuh ataupun tukak.
• Kenakan pakaian yang longgar agar rasa sakit dapat berkurang.
• Jangan menyentuh luka dan jagalah agar tetap bersih dan kering.
• Konsumsi obat herpes yang diberikan oleh dokter secara teratur.

Virus herpes kelamin dapat berpindah dan menginfeksi orang lain melalui luka terbuka di bagian tubuh manapun. Karena itu, penderitanya disarankan untuk tidak melakukan hubungan seks, termasuk kontak langsung seperti berciuman selama masa perawatan. Penggunaan pelindung atau kondom menjadi salah satu untuk melindungi diri dan pasangan Anda dari penularan penyakit.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebaran virus herpes kelamin dapat dicegah dengan melakukan konsultasi penyakit di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.