Sel23Jul201913:39

Simak, Berikut Cara Mencegah Penyakit Herpes

Cara mencegah penyakit herpes bisa Anda lakukan jika telah berkonsultasi dengan dokter ahli. Herpes merupakan infeksi kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Terdapat delapan jenis virus herpes, namun hanya dua tipe yang paling umum, yakni HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Virus tipe 1 biasanya menyebabkan luka atau benjolan di sekitar wajah. Sementara virus tipe 2 termasuk ke dalam golongan herpes genital atau muncul di area kemaluan.
cara mencegah penyakit herpes
cara mencegah penyakit herpes

Gejala Herpes Berdasarkan Jenisnya

Sebelum mengetahui cara mencegah penyakit herpes, gejalanya harus diketahui terlebih dahulu. Selain herpes wajah dan kelamin, terdapat pula penyakit yang bernama herpes zoster. Herpes zoster terjadi akibat adanya virus varicella zoster yang juga merupakan penyebab dari penyakit cacar air. Karena itu, jenis penyakit satu ini biasanya akan menyerang orang yang pernah terinfeksi cacar air. Beberapa gejala dari berbagai jenis penyakit herpes yang perlu Anda ketahui, antara lain:


  • Herpes simpleks

Penyakit herpes jenis ini sering kali muncul tanpa gejala. Gejalanya baru akan terasa dan muncul berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi. Pada awal kemunculannya, tubuh akan menunjukkan berbagai gejala, seperti lecet atau luka pada alat kelamin bagian luar, terdapat lepuhan berisi air di sekitar mulut, keputihan, rasa sakit serta gatal pada lepuhan, tidak enak badan, hingga nyeri ketika berkemih.
 
  • Herpes wajah

Herpes pada wajah yang disebabkan oleh virus herpes tipe 1 dapat menyebar melalui hubungan seksual secara oral. Gejala yang akan ditimbulkan oleh infeksi, yakni demam hingga merasa lemas, gatal serta sensasi terbakar, munculnya blister atau lepuhan pada kulit yang pecah dan mengering, serta blister pecah hingga mengakibatkan luka dengan rasa nyeri.

  • Herpes zoster

Herpes zoster utamanya menular melalui kontak langsung dengan penderita cacar air. Virus ini menimbulkan bintil pada kulit penderita atau vesikel yang berisi cairan dan bisa menjadi perantara virus untuk menular. Gejala yang muncul biasanya berupa rasa nyeri dan panas pada kulit di salah satu sisi bagian tubuh sesuai dengan penjalaran saraf tempat virus bersembunyi.


Diagnosis Serta Pengobatan Penyakit Kelamin Herpes

Cara mencegah penyakit herpes bisa Anda lakukan setelah pemeriksaan bersama dokter dilakukan. Namun, sebelumnya dokter akan mendiagnosis penyakit melalui pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik ini dokter akan mengecek koreng yang terbentuk akibat virus herpes yang masuk ke dalam tubuh serta menanyakan gejala pada penderita. Untuk membantu mengetahui hasil diagnosis dan cara mencegah penyakit herpes paling tepat, berikut beberapa pemeriksaan tambahan yang dilakukan:

  • Kultur virus herpes simpleks, bertujuan untuk mendiagnosis adanya virus herpes dalam tubuh penderitanya.
  • Tes antibodi, dapat dilakukan guna mendeteksi adanya infeksi primer herpes namun tidak dapat mendeteksi infeksi herpes rekuren.

Pengobatan herpes fokus untuk menghilangkan blister serta mencegah penyebaran herpes. Untuk mengurangi rasa nyeri, beberapa tips-tips yang bisa disertai selama masa penyembuhan adalah mandi dengan air hangat, gunakan pakaian berbahan katun atau longgar, dan jaga area koreng agar tetap kering dan bersih. Cara mencegah penyakit herpes juga perlu dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Hindari kontak fisik dengan orang lain.
  • Cuci tangan sesering mungkin dan secara rutin.
  • Tidak berbagi pemakaian barang yang bisa menyebarkan virus
  • Jangan melakukan hubungan seks selama gejala masih muncul.

Lakukan Pengobatan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mencegah penyakit herpes dapat Anda ketahui dengan melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab, cara mencegah penyakit herpes, serta jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.