Sel05Mar201913:16

Simak, Bahaya Mengabaikan Infeksi Herpes Zoster

Infeksi herpes zoster dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius jika diabaikan. Herpes zoster adalah penyakit menular pada kulit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Gejala akibat infeksi herpes zoster, dapat berupa lenting berisi cairan serta rasa nyeri yang membentuk suatu area kecil di permukaan kulit mirip cacar air. Hal ini dikarenakan virus yang menyebabkan cacar air kembali aktif sehingga muncullah gejala infeksi herpes zoster.
infeksi herpes zoster
infeksi herpes zoster

Gejala Penyakit Herpes Zoster Serta Bahayanya

Infeksi herpes zoster terjadi karena virus yang menyebabkan cacar air berkembang kembali di dalam tubuh. Gejala penyakit herpes zoster akan muncul setelah seseorang sembuh dari cacar air karena sifat virus yang tertidur pada akar saraf. Pada beberapa orang, virus akan bangun dari tidurnya karena melemahnya sistem kekebalan tubuh, menderita penyakit tertentu, sedang mengalami stres, serta proses penuaan. Beberapa gejala umum yang dirasakan penderitanya, dapat berupa:


• Muncul bintil yang mirip dengan cacar air.
• Jaringan di sekitar bintil mengalami pembengkakan.
• Bintil yang muncul berkembang menjadi luka lepuh.
• Munculnya luka berkerak setelah lepuhan pecah.
• Bintil pada area mata akan mengganggu penglihatan.
• Adanya ruam yang diawali dengan benjolan merah.

Biasanya, infeksi herpes zoster berkaitan dengan komplikasi penyakit stroke serta jantung. Seseorang yang terdiagnosis penyakit herpes jenis ini akan meningkatkan risiko mengalami stroke iskemik serta serangan jantung dalam waktu satu minggu setelah infeksi pertama kali masuk. Namun, risiko ini dapat berkurang secara bertahap setelah enam bulan. Meski telah melakukan vaksinasi herpes zoster, penyakit stroke serta jantung tetap dapat terjadi sehingga penanganan tepat bersama dokter harus segera dilakukan. Beberapa komplikasi serius akibat infeksi herpes zoster yang menginfeksi tubuh, adalah sebagai berikut:
 
• Postherpetic neuralgia, merupakan rasa nyeri yang akan muncul setelah bintil sembuh dan biasanya dialami oleh penderita berusia di atas 60 tahun.

• Kebutaan, biasanya terjadi karena bintil muncul di sekitar mata sehingga mengakibatkan peradangan pada saraf mata.

• Melemahnya otot, merupakan peradangan pada saraf otot yang dapat menurunkan kekuatan otot.

• Infeksi bakteri, biasanya terjadi karena bakteri telah masuk ke dalam luka lepuh yang sudah pecah.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Herpes Zoster

Penyembuhan terhadap komplikasi akibat herpes zoster dapat ditangani dengan menggunakan obat antiviral oral. Sebelum penanganan terhadap penyakit, dokter biasanya melakukan diagnosis guna memastikan ada tidaknya infeksi melalui gejala. Setelah dipastikan menderita herpes zoster, pengobatan dengan obat antivirus perlu dilakukan dengan segera. Selain mengonsumsi obat, beberapa upaya yang bisa dilakukan penderita herpes zoster, antara lain:

• Mengenakan pakaian longgar serta bebahan dasar lembut.
• Tutup bintil pada kulit yang terinfeksi agar tetap bersih dan kering.
• Kompres bintil dengan air dingin guna meredakan nyeri serta gatal.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab infeksi herpes zoster bisa ditangani dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik serta maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.