Sel15Jan201912:49

Simak Bahaya Akibat Virus Herpes Simpleks

Virus herpes simpleks dapat menular ke orang lain melalui berbagai cara. Herpes simpleks atau genital ini merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Herpes bisa diderita oleh siapa saja, baik pada wanita maupun pria yang aktif secara seksual. Namun, umumnya kaum wanita lebih berisiko dan rentan terkena penyakit herpes kelamin dibandingkan pria.

virus herpes simpleks
virus herpes simpleks

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Apa Penyebab Penyakit Herpes Simpleks?

Penyakit herpes umumnya disebabkan oleh dua jenis tipe virus, yakni tipe 1 dan tipe 2. Virus herpes tipe 1 menimbulkan gejala, berupa bentol atau lenting berair yang muncul di sekitar mulut dan bibir. Virus akan menginfeksi karena penderitanya melakukan seks secara oral. Sementara itu, virus herpes tipe 2 merupakan jenis virus yang mengakibatkan penyakit herpes simpleks yang memunculkan gejala bintik atau lenting di area organ kelamin dan dubur.
 
Penderita penyakit herpes terkadang tidak menyadari sudah terinfeksi virus karena kerap muncul tanpa gejala. Untuk itu, penanganan penyakit harus dilakukan dengan tepat dan segera. Penyebaran virus penyebab herpes paling cepat terjadi ketika penderitanya melakukan hubungan intim dengan orang lain atau bersentuhan langsung dengan orang yang sedang mengidap penyakit ini.

Komplikasi atau Bahaya Akibat Adanya Virus Herpes

Bahaya yang lebih serius akibat virus herpes simpleks dapat terjadi jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera. Komplikasi yang terjadi cukup membahayakan dan dapat mengakibatkan dampak lebih buruk pada kondisi kesehatan penderitanya. Beberapa komplikasi pada tubuh karena infeksi virus herpes simpleks, antara lain:


• Penyakit menular seksual

Virus herpes simpleks yang telah mengakibatkan luka terbuka berisiko tinggi tertular penyakit menular seksual lain. Penularan penyakit umumnya terjadi karena melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung dengan seeorang yang telah terinfeksi.


• Inflamasi atau peradangan

Pada beberapa kasus, virus herpes simpleks bisa menyebabkan munculnya peradangan atau inflamasi di saluran kemih. Selain itu, peradangan juga bisa terjadi di bagian rektal atau dinding rektum dan mengakibatkan meningitis atau radang selaput otak.


• Masalah pada kehamilan

Adanya virus penyebab penyakit herpes dalam tubuh wanita hamil akan mengakibatkan munculnya masalah saat masa kehamilan. Virus dapat menular ke bayi yang dikandung saat proses persalinan dilakukan. Virus akan menyebar dan menyebabkan infeksi pada organ tubuh bayi lainnya, seperti mata, mulut, dan kulit.


Berikut Penanganan yang Dapat Dilakukan

Penyakit herpes dapat ditangani dengan mengonsumsi beberapa obat antivirus guna menghilangkan gejala yang muncul. Antivirus berguna untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, mengurangi tingkat keparahan gejala, menghindari kekambuhan, dan mencegah kemungkinan penularan kepada orang lain. Namun, jika penderita sedang dalam kondisi hamil, maka harus berkonsultasi sebelum pemberian obat-obatan dilakukan.
 
Penanganan yang dapat dilakukan penderita penyakit herpes adalah harus mengubah gaya hidup. Hal ini dilakukan guna membantu mengatasi penyakit herpes kelamin. Selama proses perawatan, penderita herpes diharapkan untuk selalu menjaga area genital agar tetap kering, jangan menyentuh luka herpes, mencuci tangan sesering mungkin, dan tidak berhubungan intim saat gejala muncul.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan penyakit herpes kelamin dapat dilakukan dengan berkonsultasi di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa sudah menjadi klinik kesehatan terpercaya dalam menangani masalah kulit dan kelamin. Dalam melakukan perawatan, Anda akan ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera menghubungi hotline Kami di nomor 0813 6665 7878.