Sen29Apr201916:10

Perawatan Herpes Kulit Mudah dan Tepat

Perawatan herpes kulit harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Penyakit ini terjadi akibat reaktivasi virus Varicella zoster yang juga menjadi penyebab dari cacar air. Biasanya, dalam beberapa kasus penyakit herpes kulit akan sembuh dalam waktu dua hingga tiga minggu. Seseorang yang berisiko tinggi menderita penyakit herpes adalah kaum lanjut usia karena sistem kekebalannya lebih lemah.
perawatan herpes kulit
perawatan herpes kulit

Bagaimana Gejala Penyakit Herpes Kulit Secara Umum

Sebelum melakukan perawatan herpes kulit, gejala penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Penyakit herpes kulit atau biasa disebut herpes zoster ini ditandai dengan munculnya bintil kulit berisi cairan pada salah satu sisi tubuh. Beberapa gejala yang mungkin dirasakan, dapat berupa ruam yang lurus mengikuti alur saraf, terasa sakit namun tidak menimbulkan demam, dan hanya terjadi pada orang yang sudah pernah terkena cacar air. Gejala umum dari penyakit herpes kulit lainnya, adalah sebagai berikut:


• Kemunculan bintil yang hanya berada di satu tempat.
• Terjadinya pembengkakan pada jaringan di sekitar bintil.
• Bintil akibat herpes akan berkembang menjadi luka lepuh.
• Munculnya luka berkerak atau koreng setelah lepuhan pecah.
• Bintil yang muncul di area mata dapat mengganggu penglihatan.

Bintil akibat infeksi herpes kulit ini akan menimbulkan rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, kaku, dan kesemutan jika tersentuh. Rasa nyeri tersebut biasanya muncul 2 hingga 3 hari sebelum bintil terlihat dan akan terus terasa meski gejala sudah menghilang. Selain bintil, gejala lain yang mungkin dirasakan penderitanya, antara lain demam, sakit kepala, tubuh terasa lemas, dan silau terhadap cahaya.


Beberapa Perawatan Mudah untuk Mengatasi Herpes

Untuk menentukan penyebab penularan herpes zoster, dokter akan memastikannya dengan melakukan diagnosis penyakit. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, perawatan herpes kulit bisa dilakukan dengan mengonsumsi antivirus. Perawatan herpes kulit yang dilakukan dokter biasanya juga menggunakan obat pereda rasa nyeri guna meringankan gejala. Cara mengurangi risiko penularan herpes zoster yang bisa dilakukan adalah menjalani vaksinasi.
 
Perawatan herpes kulit harus segera dilakukan sebelum menyebabkan beberapa komplikasi serius, seperti postherpetic neuralgia, kebutaan, otot yang melemah, dan infeksi bakteri. Karena itu, pencegahan dengan vaksinasi merupakan cara terbaik untuk menghindari penularan herpes kulit dan mencegah kekambuhan penyakit. Beberapa cara lain untuk mencegah terjadinya penularan herpes kulit, antara lain:

• Tutup luka lepuh agar cairan tidak mengontaminasi benda-benda di sekitar.
• Hindari menggaruk luka lepuh karena bakteri dapat berpindah dengan mudah.
• Sesering mungkin mencuci tangan jika menyentuh luka herpes secara langsung.
• Hindari kontak langsung dengan wanita hamil yang belum pernah terkena cacar.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Perawatan herpes kulit bisa dilakukan bersama dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Klinik ini dapat membantu Anda menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin karena didukung oleh dokter ahli berpengalaman serta peralatan medis yang canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki berbagai fasilitas pendukung serta lingkungan yang nyaman. Selain itu, pelayanan medis juga dilakukan secara maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama perawatan atau pemeriksaan ruin. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.