Sab20Apr201911:11

Perawatan Herpes Bibir Serta Cara Mencegahnya

Perawatan herpes bibir biasanya dilakukan setelah melakukan konsultasi bersama dokter. Herpes bibir biasanya ditandai dengan munculnya luka, seperti sariawan akibat infeksi virus herpes simpleks tipe 1. Virus ini berasal dari keluarga yang sama dengan penyebab cacar air, herpes zoster, dan leukemia mononuklear. Virus penyebab herpes mudah menular karena menggunakan peralatan makan yang sama dan memakai pelembap bibir atau berciuman dengan penderitanya.
perawatan herpes bibir
perawatan herpes bibir

Bagaimana Gejala Herpes Bibir Secara Umum?

Sebelum perawatan herpes bibir dilakukan, gejala penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Umumnya, gejala penyakit herpes bibir baru akan muncul dalam kurun waktu 1 hingga 3 minggu setelah infeksi masuk pertama kali. Gejala yang ditimbulkan juga beragam, namun sebagian besar penderitanya akan mengalami sariawan. Beberapa gejala herpes bibir lainnya ditandai dengan:

• Rasa gatal dan muncul sensasi seperti kesemutan pada daerah yang terinfeksi.
• Adanya luka lepuh atau lenting kecil di area bibir dan sekitarnya.
• Luka dapat menyebar ke area lain, seperti gusi, lidah, dan bagian dalam pipi.
• Terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening serta sulit menelan.
• Terasa nyeri pada otot, tubuh terasa demam, sakit kepala, hingga kelelahan.

Gejala ini tidak akan menghilang sepenuhnya meski perawatan herpes bibir telah dilakukan. Jika gejala infeksi sudah menghilang, virus masih akan tetap tinggal di jaringan tulang belakang dan dalam keadaan tidur atau nonaktif. Virus ini dapat kembali aktif atau kambuh sewaktu-waktu ketika penderitanya mengalami stres atau menderita cedera fisik.


Penanganan Herpes Bibir Serta Pencegahannya

Perawatan herpes bibir yang disarankan dokter adalah melakukan pemeriksan fisik dan tes laboratorium. Jika hasil pemeriksaan sudah diketahui, maka pengobatan dengan antivirus bisa dijalani. Obat ini berguna untuk meringankan gejala dan membantu mengurangi risiko terjadinya penyebaran virus kepada orang lain. Selain mengonsumsi obat, penderitanya juga disarankan melakukan beberapa langkah penanganan, seperti:

• Selalu menjaga kondisi mulut dan bibir agar tetap bersih.
• Kompres area luka dengan air dingin atau hangat.
• Kurangi konsumsi makanan pedas, asin, atau asam.
• Rutin mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai resep dokter.
• Usahakan mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat.
• Lakukan olahraga secara teratur agar sistem imun tidak lemah.
• Segera konsultasikan dengan dokter jika gejala tidak membaik.

Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, perawatan herpes bibir perlu disertai dengan tindak pencegahan. Cara mencegah terjadinya infeksi herpes bibir adalah dengan menghindari berbagi peralatan kebersihan pribadi dengan orang lain, tidak melakukan kontak fisik terutama berciuman, cucilah tangan menggunakan sabun dan air hangat setelah menggunakan toilet, dan hindari terkena sinar matahari langsung karena dapat mengakibatkan kekambuhan penyakit.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Perawatan herpes bibir terbaik bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan herpes bibir sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.