Kam25Jul201913:14

Penyebab Penyakit Herpes Genitalis Pada Wanita

 

Penyebab penyakit herpes genitalis adalah virus yang dapat menular dan menyebar melalui aktivitas berhubungan seksual. Baik seks oral, anal, maupun vaginal berisiko menularkan virus penyebab penyakit herpes jenis ini. yang dapat menyebabkan penyakit herpes genital adalah herpes simpleks virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Herpes genitalis ini adalah penyakit yang dapat diderita oleh pria maupun wanita. Namun, yang paling sering menderita penyakit herpes genitalis ini adalah wanita.

penyebab penyakit herpes genitalis
penyebab penyakit herpes genitalis


Sering berganti pasangan seksual merupakan salah satu faktor penyebab penyakit herpes genitalis Penularannya yang terjadi melalui berhubungan seksual, membuat herpes genitalis ini sebagai salah satu penyakit yang paling mengintai mereka yang aktif berhubungan seksual. Apalagi mereka yang sering berhubungan seks bebas tanpa menggunakan kondom. Tak cukup hanya melalui hubungan seksual, herpes genitalis juga dapat menular melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderitanya seperti ludah maupun cairan yang keluar dari alat kelamin.

Apa Itu Penyakit Herpes Genitalis


Agar dapat mencegah penyakit herpes serta mengatasi gejalanya, maka sebaiknya kita kenali terlebih dahulu apa itu penyakit herpes genitalis. Ada dua jenis penyakit sipilis yang sering menginfeksi wanita, yaitu herpes zoster dan herpes genital. Herpes zoster ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Sedangkan penyakit herpes genitalis pada umumnya menyerang mereka yang sudah berhubungan seksual karena penularannya terjadi melalui cara tersebut.

Penyakit herpes genital dikenal juga dengan herpes kelamin karena gejalanya muncul di sekitar area kelamin. Pada wanita, penyakit herpes seringkali memunculkan gejala berupa luka lenting yang di dalamnya berisi cairan dan dapat pecah. Luka lesi ini jika pecah dapat berubah menjadi koreng dan sembuh dengan sendirinya. Sayangnya gejala luka yang sembuh sendiri tidak dapat dikatakan bahwa penyakit herpes genitalis telah sembuh. Untuk menyembuhkan penyakit herpes ini maka harus dilakukan langkah mengobati penyebab penyakit herpes genitalis.

penyebab penyakit herpes genitalis
penyebab penyakit herpes genitalis

Gejala Herpes Genital Pada Wanita


Ketika virus penyebab penyakit herpes genitalis menginfeksi, maka penderitanya akan mengalami beberapa gejala seperti berikut:

• Muncul luka lepuh di kelamin yang menyebabkan rasa gatal dan sakit.
• Luka lepuh ini muncul sekitar 2 hari hingga 2 bulan sejak infeksinya terjadi.
• Luka lepuh ini berisi cairan dan di sekitarnya berwarna merah.
• Lama kelamaan luka lepuh pecah dan mengeluarkan cairan dan darah.
• Lukanya berubah menjadi koreng.



Selain gejala luka, biasanya penderita juga akan mengalami gejala flu seperti demam, sakit kepala, dan semacamnya. Bahkan ada pula yang mengalami gejala benjolan di selangkangan yang disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala penyakit herpes genitalis ini dapat kambuh dimana luka yang sudah sembuh dapat muncul kembali dan ini terjadi berkali-kali.

Mencegah Penularan Penyakit Herpes Genitalis


Jika kita mengetahui penyebab penyakit herpes genitalis, maka kita dapat mencegah adanya gejala serta penularan penyakit herpes genital. Paling tidak kita tahu apa saja hal yang tidak boleh dilakukan agar herpes genital tidak menular kepada pasangan maupun orang di sekitar kita. Ketika Anda menemukan gejala yang mirip dengan gejala herpes genitalis seperti di atas, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah datang ke Klinik Utama Sentosa.



Disana Anda dapat menemui dokter kami untuk berkonsultasi mengenai penyakit herpes genitalis yang kemungkinan telah menginfeksi Anda. Baru setelahnya dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab penyakit herpes genitalis yang Anda alami. Langkah berikutnya adalah mengatasi gejala yang Anda alami sekaligus mencegah virus HSV agar tidak semakin menyebar dan menular. Selain konsultasi langsung di klinik, kami juga menyediakan layanan konsultasi di nomor 081366657878 .