Sen15Apr201910:04

Penyebab Herpes Zoster dan Pengobatannya

Penyebab herpes zoster paling utama, yakni infeksi virus bernama Varicella zoster. Herpes zoster atau biasa disebut cacar api ditandai dengan bintil berisi cairan yang terasa nyeri. Biasanya, penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang lemah akibat stes, cedera, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa obat-obatan dapat memicu virus herpes untuk kembali aktif dan menyebabkan terjadinya kekambuhan penyakit.
penyebab herpes zoster
penyebab herpes zoster

Penyebab Herpes Zoster Serta Gejalanya

Selain virus, beberapa faktor risiko tertentu bisa menjadi penyebab herpes zoster. Faktor atau kondisi yang dapat meningkatan seseorang terserang virus herpes zoster adalah berusia di atas 50 tahun, mengalami stres secara fisik maupun emosional, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat menderita penyakit tertentu. Penyebab herpes zoster ini dapat memunculkan gejala atau ciri umum, seperti:


• Muncul ruam yang diawali dengan benjolan merah.
• Adanya bintil berbentuk seperti cacar air di salah satu sisi tubuh.
• Terjadi pembengkakan di jaringan sekitar bintil.
• Bintil yang tumbuh ini akan berkembang menjadi luka lepuh.
• Luka lepuh yang telah pecah kemudian kering dan menghilang.
• Bintil yang tumbuh di area mata dapat menganggu penglihatan.

Gejala herpes zoster berupa bintil akan disertai dengan rasa nyeri, sensasi terbakar, kaku, dan kesemutan, kondisi ini akan timbul selama 2 hingga 3 hari sebelum bintil muncul dan masih terus terasa bahkan setelah bintil menghilang. Selain itu, penderitanya juga dapat mengalami demam, sakit kepala, tubuh terasa lemas, dan silau terhadap cahaya.


Bagaimana Pengobatan Terhadap Herpes Zoster

Sebelum pengobatan dilakukan, dokter akan mendiagnosis penyakit untuk mengetahui penyebab herpes zoster secara pasti. Penyakit herpes zoster dipastikan melalui gejalanya dan harus segera ditangani dengan obat-obatan. Dokter biasanya meresepkan obat antivirus guna mempercepat proses penyembuhan. Obat antivirus harus dikonsumsi selama tiga hari setelah ruam muncul. Selain dengan konsumsi obat, penanganan herpes zoster bisa pula disertai dengan beberapa upaya, seperti:


• Mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut, seperti katun.
• Tutup bintil yang munncul akibat herpes agar tetap bersih dan kering.
• Rutin mandi dengan menggunakan air dingin guna meredakan nyeri dan gatal.

Penyebab herpes zoster dapat dihindari jika melakukan pencegahan sejak dini. Salah satu cara mencegah munculnya gejala penyakit herpes adalah vaksinasi. Vaksinasi ini disarankan untuk orang yang berusia di atas 50 tahun. Meksi tidak mencegah herpes sepenuhnya, namun vaksinasi dapat mengurangi keparahan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Agar virus herpes tidak menular pada orang lain, berikut tindak pencegahan yang bisa dilakukan.

• Hindari menggaruk luka yang muncul akibat virus herpes.
• Tidak melakukan kontak lansung dengan orang yang belum terinfeksi.
• Sesering mungkin untuk mencuci tangan atau menjaga kebersihan tubuh.
• Menutup luka lepuh agar tidak mengontaminasi benda perantara.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab herpes zoster bisa diketahui setelah melakukan konsultasi di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik serta maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.