Min10Mar201913:07

Penyakit Herpes di Bibir Serta Gejalanya

Penyakit herpes di bibir akan memunculkan gejala berupa luka seperti sariawan di sekitar bibir atau mulut. Herpes jenis ini bisa juga dikenal sebagai herpes labialis atau herpes oral. Penyebab utama penyakit herpes di bibir adalah infeksi virus herpes simpleks tipe 1 atau HSV-1. Virus yang menjadi penyebab penyakit herpes bibir dapat menular dengan mudah, yakni karena berbagi peralatan makan dan berciuman atau menggunakan pelembap bibir secara bergantian dengan penceritanya.
penyakit herpes di bibir
penyakit herpes di bibir

Gejala Penyakit Herpes Bibir Secara Umum

Tanda atau gejala dari penyakit herpes di bibir biasanya muncul dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah terinfeksi virus. Gejala yang muncul dapat beragam, namun sebagian orang mengalami sariawan sebagai pertanda awal adanya penyakit herpes di bibir. Beberapa gejala penyakit herpes bibir lainnya yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut:
 

• Munculnya rasa gatal dan sensasi seperti kesemutan di area yang terinfeksi.
• Muncul luka lepuh atau lenting putih kecil di area bibir dan sekitarnya.
• Terkadang muncul luka yang menyebar ke area gusi, lidah, dan pipi bagian dalam.
• Mengalami demam, sakit kepala, nyeri pada otot, kelelahan, dan sakit saat menelan.

Penyakit herpes di bibir bisa sembuh, namun virus tidak akan menghilang sepenuhnya. Setelah gejala penyakit menghilang, virus akan tinggal di jaringan saraf tulang belakang dan dalam keadaan tidur atau nonaktif. Virus ini dapat kembali aktif atau kambuh sewaktu-waktu ketika Anda mengalami stres ataupun menderita cedera fisik.


Beberapa Cara Mengatasi Penyakit Herpes Bibir

Cara terbaik untuk mengatasi penyakit herpes di bibir adalah melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik yang kemudian dibawa ke laboratorium untuk mendapatkan hasil diagnosis lebih akurat. Jika terbukti menderita penyakit herpes bibir, maka penanganan dilakukan dengan mengonsumsi obat antivirus sesuai resep dokter. Selain memberikan obat, beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala, antara lain:
 

• Jaga selalu kondisi mulut dan bibir agar tetap bersih.
• Kompres luka dengan air hangat atau air dingin.
• Hindari konsumsi makanan panas dan pedas.
• Rutin konsumsi obat pereda rasa nyeri sesuai anjuran.

Pada dasarnya penyakit herpes tidak bisa disembuhkan sehingga penting untuk mengetahui cara menghindari penularan. Dokter akan menyarankan untuk menghindari penggunaan gelas, peralatan makan, make-up, serta pelembap bibir secara bersamaan dengan penderita penyakit herpes bibir. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas seksual secara oral karena virus dapat tertular dengan mudah. Herpes bisa diderita oleh anak-anak akibat melakukan kontak langsung dengan orang dewasa yang menderita penyakit tersebut. Karena itu, segera periksakan diri ke dokter jika mencurigai adanya gejala penyakit di mulut atau bibir.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Pengobatan terbaik pada penyakit herpes di bibir bisa dilakukan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan ataupun pemeriksaan rutin. Sebelum melakukan penanganan, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.