Min12Mei201916:17

Pentingnya Melakukan Pengobatan Virus Herpes


Pengobatan virus herpes dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di klinik untuk mengetahui jenis virus herpes yang menginfeksi. Herpes biasa menyerang bagian kelamin, kulit, maupun mulut. Herpes dibedakan menjadi dua jenis yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Keduanya dibedakan berdasarkan bakteri yang menginfeksinya. Herpes kelamin disebabkan oleh herpes simpleks virus 1 dan 2. Namun, yang lebih sering ditemukan sebagai virus penyebab herpes kelamin adalah herpes simpleks virus tipe 2.



Penyakit herpes dapat diderita oleh pria maupun wanita. Salah satu gejala yang paling mudah dikenali dari penyakit herpes ini adalah munculnya luka maupun ruam. Pengobatan virus herpes memang tidak dapat menyembuhkan secara total, hanya saja perlu dilakukan untuk mematikan virusnya agar tidak berisiko kambuh kembali. virus herpes yang lama tidak kambuh berisiko untuk kambuh kembali jika ada faktor pendukung.

Gejala Atau Tanda Virus Herpes Simpleks


Virus simpleks biasa menginfeksi bagian kelamin dan mulut. Gejala yang sering terjadi pada mereka yang terinfeksi oleh virus herpes simpleks diantaranya adalah muncul luka yang berupa bintil ataupun luka melepuh. Luka yang muncul menimbulkan rasa gatal di sekitar luka. Selain luka, terjadi pula pembengkakan pada kelenjar getah bening. Penderita juga kerap kali merasa kelelahan, sakit kepala, dan nafsu makannya berkurang.

Gejala herpes yang dibiarkan cukup mengganggu. Diperlukan pengobatan untuk menghentikan virus herpes agar gejalanya tak lagi muncul. Apalagi jika tidak dilakukan pengobatan virus herpes, maka dapat menginfeksi bagian tubuh lain dan menyebar gejalanya. Untuk mengetahui gejala atau tanda penyakit herpes lainnya, silahkan tanyakan pada dokter kami di Klinik Utama Sentosa.


Herpes Merupakan Penyakit Menular Seksual


Penyakit herpes merupakan penyakit menular seksual yang dapat menular melalui hubungan seksual. Virus herpes juga dapat ditularkan melalui ibu hamil pada bayi jika saat dilahirkan herpes pada sang ibu belum disembuhkan. Pada herpes zoster, bahkan virus herpes dapat menular melalui udara. Namun, untuk herpes genital hanya dapat ditularkan melalui hubungan seksual, baik oral, anal, maupun vaginal.

Makanya untuk penderita penyakit herpes, disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual sementara dengan pasangan karena dikhawatirkan akan menular. Saat seseorang menderita herpes, dan melakukan pemeriksaan, maka sebaiknya pasangan seksualnya juga melakukan pemeriksaan. Karena dikhawatirkan virus herpes telah menginfeksi pasangan seksual sebelum penderita menyadarinya.

Virus Herpes Dapat Disembuhkan?

Telah disebutkan di atas apakah herpes dapat disembuhkan atau tidak. Herpes simpleks hanya dapat ditekan virusnya agar tidak kembali menginfeksi. Pengobatan virus herpes dilakukan dengan menggunakan obat. Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah untuk mencegah virus herpes aktif kembali. Konsultasikan keadaan anda dengan dokter kami. Perawatan dan pengobatan yang tepat sangatlah berpengaruh terhadap penekanan virus herpes dan agar gejalanya tidak muncul kembali.

Pengobatan Terhadap Virus Herpes


Jika telah mengalami gejala penyakit herpes terutama herpes genital, maka segera periksakan ke dokter. Pasalnya, jika tidak segera diobati, herpes dapat menyebabkan komplikasi. Munculnya penyakit menular seksual lainnya merupakan salah satu bentuk komplikasi virus herpes. Peradangan pada saluran kemih juga dapat terjadi jika pengobatan virus herpes tidak segera dilakukan.


Pengobatan virus herpes ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan saran dokter. Pasalnya jika menggunakan metode pengobatan yang kurang tepat dapat menyebabkan adanya infeksi lain. Untuk membantu perawatan secara medis, dokter juga akan memberikan saran perawatan terhadap penyakit herpes yang dapat kita lakukan di rumah. Dengan melakukan proses pengobatan secara maksimal, virus herpes dapat segera diatasi. Jika anda mengalami gejala herpes dan memiliki kekhawatiran terinfeksi herpes, konsultasikan keluhan anda dengan dokter kami melalui hotline di 081366657878 .