Kam16Mei201909:27

Pengobatan Herpes Genital Dengan Cara Medis

 

Melakukan pengobatan herpes genital hendaknya dilakukan sesuai dengan saran dokter, pasalnya jika salah memberikan pengobatan justru dapat berakibat fatal. Herpes genital merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang dapat menyerang pria maupun wanita. Herpes yang paling sering kita temui ada dua macam yaitu herpes zoster dan herpes genital.



Kedua jenis herpes tersebut sama-sama menular, hanya saja cara penularannya yang berbeda. Herpes genital ditularkan melalui hubungan seksual maupun melalui darah. Sedangkan herpes zoster dapat ditularkan bahkan melalui udara. Pengobatan herpes genital dengan herpes zoster juga berbeda. Herpes genital disebabkan oleh adanya infeksi herpes simpleks virus. Ada dua jenis simpleks herpes virus yang bisa menyebabkan penyakit herpes genital. Hanya saja yang paling sering ditemui sebagai penyebab herpes genital adalah herpes simpleks virus tipe 2.

Mengenal Herpes Genital


Herpes Genital merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh virus simpleks yang jika tidak segera ditangani akan semakin parah. Pengobatan herpes genital juga disarankan dilakukan dengan cara sendiri. Herpes genital ini terdiri dari beberapa tahap dimana masing-masing tahapan ditandai dengan gejala yang berbeda. Agar tidak sampai ke tahap yang parah, mengenali gejalanya merupakan hal yang penting.

Dari gejalanya, dapat diketahui sudah sampai pada tahap mana virus penyebab herpes telah menginfeksi tubuh. Gejala yang paling sering muncul pada penderita herpes genital adalah luka yang muncul di sekitar alat kelamin karena penularannya biasa terjadi melalui hubungan seksual. Virus herpes simpleks tipe 2 ini paling sering menginfeksi wanita.

 


Gejala Umum Pada Herpes Genital


Saat virus herpes simpleks menginfeksi, maka akan muncul gejala-gejala yang dialami oleh penderita. Gejala tersebut biasanya berbeda-beda setiap tahapnya. Berikut tahap sekaligus gejala yang sering dialami penderita herpes genital.

• Tahap primer

Pada tahap ini, virus herpes telah masuk ke dalam tubuh sekitar 2-8 hari. Gejala yang muncul pada tahap ini biasanya adalah luka berupa blister yang bentuknya seperti kulit melepuh dan rasanya perih. Luka berisi cairan ini bentuknya kecil dan bagian tepinya kemerahan.

• Tahap sekunder

Gejala pada tahap ini adalah meredanya luka blister serta koreng. Namun, pada tahap ini penderita seringkali lengah karena mengira herpes telah sembuh. Padahal virus mulai menyebar ke bagian saraf.

• Tahap peluruhan

Selanjutnya, ada tahap peluruhan dimana virus telah semakin berkembang ke bagian ujung-ujung saraf pada organ tubuh. Pada fase ini mungkin gejalanya tidak terlihat, namun sedang berkembang di bagian organ dalam tubuh.

• Tahap rekuensi

Di tahap ini mulai muncul gejala berupa luka kembali. Meskipun lukanya tidak parah, namun akan disertai dengan munculnya rasa gatal, kesemutan, maupun nyeri di sekitar organ yang terinfeksi.

Faktor Risiko Penyebab Herpes Genital


Selain penyebab utama virus, herpes genital dapat diderita oleh seseorang akibat faktor berikut ini :

• Memiliki pasangan seksual lebih dari satu.
• Sistem kekebalan tubuhnya rendah.
• Menderita penyakit seksual menular lainnya.
• Melakukan hubungan intim sejak masih muda.
• Wanita.

Tidak heran jika penyakit herpes ini sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga bisa terkena infeksi virus herpes. masa inkubasi virusnya juga cukup singkat, sehingga dibutuhkan pengobatan herpes genital segera setelah gejala pertama muncul.


Pengobatan dan Perawatan Terhadap Herpes
Untuk pengobatan herpes genital tidak disarankan untuk melakukan pengobatan mandiri. Pasalnya, pemilihan metode yang salah justru berbahaya. Sebaiknya ikuti pengobatan yang diresepkan dokter agar tidak salah obat. Untuk pengobatan herpes genital ini biasanya tergantung pada tahap dimana penderita mulai melakukan pengobatan. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kami di Klinik Utama Sentosa agar tidak salah mengambil metode pengobatan. Untuk konsultasi gratis dapat dilakukan dengan menghubungi nomor 081366657878 .