Rab15Mei201916:44

Memilih Pengobatan Penyakit Herpes Tepat Sesuai Gejalanya

 

Pengobatan penyakit herpes sebaiknya dilakukan dengan cara medis untuk mencegah penularannya. Herpes disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menginfeksi baik pria maupun wanita. Herpes tak hanya bisa menginfeksi alat kelamin saja, namun juga mulut dan bagian tubuh lainnya. Penularan virus herpes dapat terjadi melalui beberapa cara, mulai dari hubungan seksual hingga kontak tidak langsung.



Penyakit herpes bahkan dapat ditularkan melalui batuk ataupun bersin. Herpes yang paling sering terjadi ada dua macam yaitu herpes zoster dan herpes genital. Bakteri penyebab herpes ini ada banyak macamnya. Bakteri yang merupakan penyebab herpes zoster adalah varicella-zoster. Herpes zoster dapat menginfeksi siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Gejala yang paling mudah dikenali dari penyakit herpes ini adalah munculnya ruam yang mirip seperti cacar. Makanya herpes zoster ini juga dikenal dengan cacar ular atau cacar api. Pengobatan penyakit herpes harus segera dilakukan agar tidak terkena infeksi virus lain.

Gejala Pada Penderita Penyakit Herpes


Mereka yang terkena infeksi virus herpes akan mengalami beberapa gejala berikut, tergantung dari jenis herpesnya.

• Herpes Zoster

Gejala yang dialami oleh penderita herpes jenis ini biasanya adalah munculnya rasa nyeri pada kulit. Selain itu, muncul pula ruam pada kulit yang nantinya akan berubah menjadi bintil yang mirip bintil pada cacar air serta melepuh. Ruam ini terasa gatal, namun juga rentan pecah. Saat sembuh dan mengering, ruam yang muncul akan berubah menjadi koreng. Selain luka, gejala seperti demam, nafsu makan hilang, serta merasa lemas sering juga dialami.
 


• Herpes simpleks

Disebut juga herpes kelamin, merupakan jenis penyakit herpes yang juga sering ditemui. Herpes yang satu ini biasanya ditandai dengan gejala luka yang muncul di bagian alat kelamin. Penyebabnya adalah virus HPV tipe 2. Sebenarnya penyakit herpes jenis ini dapat disebabkan oleh dua jenis virus yaitu HPV tipe 1 dan 2. HPV tipe 1 biasanya akan memunculkan gejala luka di bagian tubuh dari pinggang ke atas. Gejala lukanya sering muncul juga di bagian leher dimana dibutuhkan pengobatan penyakit herpes yang tepat untuk mengobatinya.

Faktor Penyebab Dan Risiko Penyakit Herpes


Faktor utama yang menyebabkan penyakit herpes ini adalah infeksi virus, hanya saja beberapa hal tertentu dapat meningkatkan risiko menderita penyakit herpes.

• Daya tahan tubuh yang lemah

Mereka yang daya tahan tubuhnya lemah lebih rentan terinfeksi virus penyebab penyakit herpes. Misalnya saja lanjut usia, bayi, maupun ibu hamil.

• Hubungan seksual yang tidak aman

Virus herpes dapat ditularkan dengan berbagai cara, untuk virus genital biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Mereka yang sering bergonta-ganti pasangan akan lebih rentan terkena virus herpes yang satu ini.

• Berdekatan dengan penderita penyakit herpes

Telah disebutkan sebelumnya bahwa virus herpes ini dapat menular dengan berbagai cara. Untuk herpes zoster bahkan dapat menular melalui udara yang biasanya ditularkan melalui aktivitas seperti bersin dan batuk. Pengobatan penyakit herpes sebaiknya menggunakan cara yang tepat.


Cara Mengobati Penyakit Herpes


Herpes dapat diobati dengan cara mengonsumsi obat dengan dosis sesuai resep dokter. Sebaiknya lakukan pengobatan dalam pengawasan dokter agar tidak salah melakukan pengobatan. Selain itu merawat luka yang muncul sebagai gejala herpes juga merupakan sesuatu yang penting. Pasalnya pecahnya luka selama pengobatan penyakit herpes dapat menimbulkan bekas luka. Selain itu luka yang terbuka dapat memicu adanya infeksi lain pada luka.
 
Pasalnya jika dibiarkan, bekas lukanya tidak sedap untuk dipandang meskipun telah dilakukan pengobatan penyakit herpes. Apalagi herpes ini dapat kambuh sewaktu-waktu jika penderita menurun daya tahan tubuhnya. Jika Anda menemukan gejala penyakit herpes sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter kami di Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Untuk konsultasi hotline silahkan hubungi nomor 081366657878 .