Rab13Feb201913:17

Ketahui, Berikut Proses Penyembuhan Herpes Zoster

Proses penyembuhan herpes zoster dapat Anda ketahui setelah melakukan pemeriksaan fisik bersama dokter ahli. Herpes zoster merupakan infeksi yang terjadi pada saraf akibat infeksi virus yang sama dengan penyebab cacar air, yakni varisela zoster. Setelah menimbulkan penyakit cacar, virus varisela menetap di sekitar tulang belakang atau dasar tulang tengkorak dan dapat kembali aktif di kemudian hari hinga mengakibatkan herpes zoster.

proses penyembuhan herpes zoster
proses penyembuhan herpes zoster

Gejala Umum Penyakit Herpes Zoster

Gejala awal yang dirasakan penderita herpes zoster adalah demam, pilek, mudah merasa lelah, nyeri pada persendian, sakit kepala, dan pusing. Setelah beberapa hari, gejala herpes akan belanjut dengan munculnya bintik kecil kemerahan pada kulit yang kemudian berubah menjadi gelembung transparan berisi cairan. Herpes zoster ditandai dengan adanya beberapa gejala lain yang menyertai, seperti berikut ini:
 

• Adanya bintil di salah satu sisi tubuh.
• Pembengkakan bintil terjadi di sekitar jaringan.
• Bintil dapat berkembang menjadi luka lepuh.
• Penglihatan akan terganggu akibat bintil di area mata.

Sebelum penanganan dilakukan, dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit melalui gejala yang dirasakan. Seseorang yang telah terdeteksi menderita penyakit herpes zoster, harus segera melakukan penanganan dengan mengonsumsi obat antibiotik. Proses penyembuhan herpes zoster akan lebih cepat jika rutin mengonsumsi ohat sesuai resep dokter. Selain itu, untuk mempercepat proses penyembuhan herpes zoster, maka pencegahan dapat dilakukan penderita herpes, berupa:
 
• Kenakan pakaian yang longgar atau berbahan dasar katun.
• Jaga bintil dengan menutupnya agar tetap bersih dan kering.
• Tempelkan kompres dingin pada bintik guna meredakan rasa nyeri.
• Hindari menggaruk bintil atau area di sekitarnya.
• Sering mencuci tangan setelah berpergian ke luar rumah.


Bagaimana Proses Penyembuhan Herpes Zoster

Proses penyembuhan herpes zoster biasanya sekitar 14 hingga 28 hari bergantung kerusakan saraf akibat terkena infeksi virus. Tanda penyakit sudah mulai membaik adalah lentingan mengering dan kemudian membentuk koreng yang akan lepas dengan sendirinya. Jika luka kering atau koreng sudah terlepas maka kulit akan berwarna kehitaman. Pada beberapa kasus, luka herpes akan menyisakan gejala berupa nyeri yang disebut dengan neuralgia post herpes.
 
Penyakit ini dapat menyebabkan kekambuhan di kemudian hari akibat menurunnya imunitas tubuh. Salah satu pengobatan penyakit herpes yang dapat dilakukan adalah menggunakan antivirus stau. antinyeri. Obat antinyeri berguna untuk menghambat perkembangbiakkan virus sehingga tingkat keparahan herpes dapat diminimalkan. Beberapa penanganan terhadap penyakit herpes lainnya yang dapat dilakukan, antara lain:


• Obat pereda nyeri

Gejala penyakit herpes, berupa rasa nyeri dapat diredakan dengan menggunakan obat pereda rasa nyeri. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan analgesic guna meredakan sakit pada bagian tubuh yang terinfeksi.


• Gunakan steroid

Steroid yang digunakan berdasarkan resep dokter dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan herpes zoster. Meskipun begitu, steroid tidak dapat mencegah terjadinya kondisi neuralgia post herpes pada penderita.
 

Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui proses penyembuhan herpes zoster, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapat kepuasaan dan kenyamanan karena ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga telah dilengkapi dengan peralatan medis berteknologi tinggi sehingga proses penyembuhan berlangsung cepat. Tak hanya itu, sebelum penanganan dilakukan, Anda dapat berkonsultasi secara online dan gratis sehingga penyebab serta jenis perawatan yang cocok bisa diketahui. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungan hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.