Jum05Apr201910:16

Ketahui, Berikut Cara Pengobatan Herpes

Pengobatan herpes yang dokter berikan biasanya hanya berupa obat dan terapi. Penyakit herpes merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Gejala yang akan dirasakan penderitanya berupa bentol-bentol berair pada organ kelamin, anus, bahkan mulut. Herpes bisa diderita oleh pria maupun wanita dan dapat menular melalui sentuhan, terutama hubungan seksual yang tidak aman.
pengobatan herpes
pengobatan herpes

Penyebab Penyakit Herpes Serta Jenis Virusnya

Jika Anda pernah terinfeksi herpes, maka virus akan terus tinggal di dalam tubuh dalam keadaan dorman atau berhenti tumbuh sementara waktu. Virus ini dapat aktif kembali beberapa kali dalam setahun. Karena itu sebelum pengobatan herpes dilakukan Anda perlu mengetahui penyebab penyakitnya terlebih dahulu. Terdapat beberapa tipe virus HVS yang ditandai dengan perbedaan gejala, yakni sebagai berikut:


• Herpes tipe 1

Herpes simplex virus 1 atau HSV-1 biasanya menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. Infeksi virus herpes ini akan menyebabkan di leher, herpes mirip sariawan pada mulut, dan ruam lepuh lainnya. Penyakit hepes tipe 1 berkaitan dengan masalah daya tahan tubuh sehingga jika tidak bisa sembuh scara total karena bisa muncul kembali saat tubuh lemah.


• Herpes tipe 2

Virus herpes tipe 2 atau lebih dikenal dengan herpes genitalis menyerang bagian pinggang ke bawah, terutama organ kelamin. HSV-2 ini tidak akan menular melalui udara, namun berisiko besar menginfeksi akibat berhubungan seksual dengan penderitanya. Tanda yang dirasakan penderitanya adalah rasa gatal yang tidak tertahankan.

 
• Herpes zoster
 
Penyakit herpes zoster dikatakan infeksi lanjutan dari cacar air karena penyebab yang menyerang sama. Gejala akibat infeksi herpes zoster adalah cacar bergelembung dengan ukuran lebih besar dan berkelompok yang muncul di bagian tubuh tertentu. Penularan penyakit zoster bisa terjadi melalui bersin, batuk, pakaian yang terkontaminasi, dan menyentuh gelembung yang pecah.


Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Virus Herpes

Dokter akan melakukan pengobatan herpes dengan memberikan obat guna mengurangi nyeri serta demam. Tak hanya itu, cara pengobatan herpes lainnya yang diberikan dokter adalah obat antiviral untuk membantu tubuh dalam melawan gejala infeksi virus, mencegah terjadinya komplikasi, serta melindung dari ketidakmampuan daya tahan tubuh untuk melawan virus. Pengobatan menggunakan antivirus juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:


• Mempercepat proses penyembuhan penyakit herpes.
• Mengurangi frekuensi kekambuhan penyakit.
• Mengurangi durasi gejala serta tingkat keparahan.
• Menghindari kemungkinan penularan pada orang lain.

Untuk mendapatkan kesembuhan optimal, pengobatan herpes harus disertai dengan tindak pencegahan, seperti menjaga luka herpes agar terap kering serta bersih, usahakan untuk tidak menyentuh luka herpes, konsumsi obat secara rutin sesuai resep dokter, dan segera periksaan diri ke dokter jika menderita herpes saat hamil.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan herpes bisa Anda ketahui setelah berkonsultasi dengan dokter Kami di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta. Melakukan perawatan disana, berbagai keuntungan akan Anda dapatkan karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan kepada pasiennya berbagai kemudahan, salah satunya konsultasi secara online dan gratis. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan karena biaya perawatan terjangkau untuk segala kalangan. Untuk informasi lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878 .