Rab13Feb201915:30

Kemaluan Luka dan Gatal Apa Penyebabnya?

Penyebab kemaluan luka dan gatal bisa dikarenakan oleh adanya infeksi virus herpes simpleks atau HSV. Virus penyakit herpes yang menginfeksi tubuh dapat menyebabkan kemaluan luka dan gatal. Penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui hubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Tak hanya itu, virus juga dapat menular pada bayi dalam kandungan wanita hamil ketika proses persalinan normal dilakukan.

kemaluan luka dan gatal
kemaluan luka dan gatal

Penyebab serta Faktor Risiko Penyakit Herpes

Jika tubuh sudah pernah terinfeksi penyakit herpes, virus akan tinggal dalam keadaan berhenti tumbuh sementara waktu dan dapat aktif kembali beberapa kali dalam setahun. Tak hanya organ kelamin, virus herpes juga dapat menyerang mulut dan bibir. Karena itu, terdapat dua jenis virus herpes yang biasa menginfeksi manusia, yakni sebagai berikut:
 


• Virus herpes simpleks tipe 1 atau HSV 1, biasanya menyebabkan munculnya sariawan dan lepuhan di sekitar mulut, namun tidak dapat menyebar ke organ kelamin.
 
• Virus herpes simpleks tipe 2 atau HSV 2, umumnya mengakibatkan penyakit herpes kelamin atau genital yang bersifat sangat menular jika bersentuhan dengan penderitanya.
 
Meski sangat menular, virus penyebab herpes cepat mati jika berada di luar tubuh. Karena itu, penularan tidak mungkin terjadi melalui dudukan toilet yang sama, memakai pakaian secara bergantian dengan penderitanya, dan menggunakan handuk bekas penderita herpes. Selain disebabkan oleh virus, kemaluan luka dan gatal akibat infeksi herpes juga dapat terjadi karena dipicu oleh beberapa hal, seperti berikut ini.

• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Berhubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda.
• Melakukan hubungan seksual yang tidak aman.
• Sedang menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker.
• Memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya.


Bagaimana Cara Menangani Gejala Penyakit Ini?

Gejala herpes berupa kemaluan luka dan gatal dapat ditangani dengan mengoleskan antivirus. Penerapan obat antivirus harus dilakukan secara teratur guna mempercepat proses penyembuhan kemaluan luka dan gatal. Beberapa kegunaan antivirus lainnya adalah mengurangi frekuensi kekambuhan penyakit, menguarangi tingkat keparahan penyakit serta durasi gejala, dan menghindari kemungkinan penularan virus kepada orang lain.
 
Selain pengobatan bersama dokter, Anda juga dapat melakukan penanganan penyakit secara mandiri. Melakukan pengobatan rumahan dapat membantu Anda mengatasi kemaluan luka dan gatal serta herpes di bibir dan mulut. Salah satu penanganan yang harus dilakukan adalah mengubah gaya atau pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa cara menangani herpes secara mandiri lainnya, adalah sebagai berikut:
 
• Cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air hangat.
• Jaga kulit yang terdapat luka lepuhan agar tetap bersih dan kering.
• Hindari menggunakan alat-alat kebersihan pribadi secara bersamaan.
• Penderita harus menghindari terkena sinar matahasi secara langsung.
• Perbanyak mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya serat.
• Usahakan untuk mendapat cukup tidur dan rutin berolahraga.
• Segera hubungi dokter jika gejala penyakit herpes semakin parah.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik untuk menangani kemaluan luka dan gatal adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya yang berada di wilayah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani dengan dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga memudahkan pasien yang ingin melakukan perawatan atau pemeriksaan rutin. Salah satu keunggulan dari Klinik Utama Sentosa adalah layanan konsultasi online yang berguna untuk membantu pasien mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.