Rab12Jun201916:45

Inilah Caranya Agar Herpes Kelamin Pria Bisa Sembuh

 

Penyakit herpes kelamin pria bisa sembuh, namun diperlukan penanganan atau cara pengobatan yang tepat karena herpes kelamin merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menular terutama kepada pasangan. Herpes kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang dapat diderita oleh pria maupun wanita, terutama bagi yang aktif dalam berhubungan seksual.



Herpes kelamin merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya sehingga harus segera diatasi begitu gejalanya muncul. Semakin cepat pengobatan dilakukan, maka semakin cepat pula herpes kelamin pria bisa sembuh. Tanda khas dari penyakit herpes kelamin adalah munculnya bintil kecil berisi cairan yang muncul di sekitar alat kelamin. Penyakit ini dapat menular melalui berbagai cara, mulai dari seks oral, anal, bahkan vaginal.

Seperti Apa Gejala Herpes Kelamin Pria?


Penyakit herpes kelamin atau herpes genital merupakan salah satu penyakit menular yang jika tidak segera diobati maka dapat kambuh sewaktu-waktu. Bahkan setelah disembuhkan, penderita herpes masih memiliki kemungkinan terkena herpes lagi. Penyakit herpes sebenarnya ada banyak jenisnya, namun yang berpotensi ditularkan melalui hubungan seksual adalah penyakit herpes kelamin.

Herpes kelamin pria bisa sembuh asalkan Anda segera melakukan pengobatan setelah menemukan gejala-gejala herpes seperti berikut ini :

• Muncul bintil kecil yang berisi cairan.
• Bintil pecah dan mengering, lalu berubah menjadi koreng.
• Sakit saat buang air kecil.

Penyakit herpes lebih sering menginfeksi wanita, bahkan dapat ditularkan dari ibu hamil kepada anak yang dikandungnya. Namun bukan berarti herpes kelamin tidak dapat diderita oleh pria. Pria yang berhubungan seksual dengan wanita yang mengidap herpes kelamin bisa sangat berisiko tertular penyakit herpes genital ini.


Penyebab Penyakit Herpes Genital Pada Pria

Penyebab adanya penyakit herpes genital adalah akibat infeksi virus. Ada banyak jenis penyakit herpes, hanya saja jenisnya dibedakan berdasarkan virus penyebabnya. Untuk herpes genital sendiri disebabkan oleh adanya infeksi herpes simpleks virus tipe 1 dan tipe 2, namun yang paling sering ditemukan sebagai penyebab herpes kelamin pria bisa sembuh adalah HPV tipe 2.
 
Beda halnya dengan virus herpes penyebab herpes zoster dimana penularannya bisa lebih berbahaya karena bisa ditularkan melalui udara. Bagaimanapun kedua jenis penyakit herpes tersebut berbahaya dan jika ditemukan gejalanya harus segera diobati. Untuk pengobatannya juga jangan asal menggunakan obat. Gunakan pengobatan yang sesuai dengan saran dokter agar penyakit herpes dapat segera sembuh.

Penyakit herpes genital ini faktor penyebab lainnya adalah melakukan hubungan seksual dengan penderita. Kebanyakan penyakit herpes ditularkan dari pasangannya jika terjadi pada pria. Namun, penyakit herpes kelamin pria bisa sembuh asalkan segera diberikan pengobatan saat gejalanya mulai muncul.
 

Penularan dan Pengobatan Penyakit Herpes Kelamin


Penyakit herpes kelamin ditularkan melalui berbagai cara. Pada pria, salah satu cara yang berisiko menularkan penyakit herpes kelamin adalah berhubungan seksual, baik seks anal, oral, maupun vaginal. Pada pria, gejala yang terkadang muncul adalah benjolan pada bagian selangkangan dimana gejala yang satu ini akan sangat mengganggu kenyamanan padahal herpes kelamin pria bisa sembuh jika segera diobati.

Pada pria, penggunaan sex toy juga dapat menjadi salah satu cara penularan virus HPV penyebab penyakit herpes kelamin. Penggunaan sex toy secara bergantian dari satu orang ke orang lainnya dapat menambah risiko menularnya virus herpes yang sekali menginfeksi maka akan sering kambuh. Penularan ini dapat dicegah dengan berbagai cara, di antaranya yaitu :

• Berhubungan intim dengan menggunakan pengaman

Penggunaan alat pengaman seperti kondom dapat mengurangi risiko terjadinya penularan HPV tipe 1 dan 2 yang menyebabkan penyakit herpes genital.

• Membersihkan alat kelamin dengan benar

Tidak terjaganya kebersihan alat kelamin merupakan salah satu pemicu terjadinya infeksi HPV. Untuk itu, membersihkan alat kelamin dengan benar merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya infeksi HPV dan cara mengurangi penularan agar herpes kelamin pria bisa sembuh.



• Memiliki satu pasangan seksual

Sering bergonta-ganti pasangan seksual juga menjadi salah satu penyebab adanya penyakit herpes kelamin. Jika pasangan Anda menderita herpes, sebaiknya jangan lakukan hubungan seksual hingga penyakit herpesnya berhasil disembuhkan. Pasalnya meskipun tidak menunjukkan gejala, virus HPV ini juga tetap bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Untuk mengobati penyakit herpes ini, lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Diagnosis yang dilakukan sejak awal masa infeksi akan lebih mudah disembuhkan bila dibandingkan saat virusnya telah menyebar. Untuk konsultasi dan pemeriksaan, silahkan datang langsung ke Klinik Utama Sentosa karena herpes kelamin pria bisa sembuh. Konsultasi juga dapat dilakukan dengan cara menghubungi layanan hotline kami di 081366657878.