Sen21Jan201913:07

Herpes Zoster Adalah

Herpes zoster adalah salah satu penyakit kulit yang lebih dikenal dengan nama cacar api atau cacara ular. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus yang serupa dengan cacar air. Karena itu, jika Anda pernah mengalami cacar air, maka berisiko terkena herpes zoster di kemudian hari. Virus penyebab herpes zoster bersifat menetap dalam tubuh sehingga jika mengalami beberapa keadaan, seperti sistem imun tubuh yang menurun atau kelelahan maka dapat menyebabkan kekambuhan penyakit.
herpes zoster adalah
herpes zoster adalah

Penyebab Serta Gejala Penyakit Herpes Zoster

Penyebab utama infeksi herpes zoster adalah varicella-zoster virus atau VZV. Virus ini merupakan salah satu kelompok alfa herpesviridae yang mengakibatkan munculnya cacar air dan cacar ular di kulit. Virus penyebab penyakit herpes zoster umumnya menular melalui kontak langsung dengan penderita cacar air. Hal ini mengakibatkan muncul gejala, berupa bintil yang berisi cairan dan biasanya menjadi perantara penyebaran virus.
 
Cacar air terjadi akibat virus varicella zoster pertama kali menginfeksi tubuh. Sementara herpes zoster muncul karena cacar air yang pernah diderita telah sembuh namun virus kembali menyebabkan kekambuhan penyakit. Virus penyebab herpes zoster ini dapat menular melalui percikan ludah, seperti ketika bersin atau batuk. Beberapa faktor risiko lain yang dapat menyebabkan penularan virus herpes zoster adalah sebagai berikut:

• Seseorang yang berusia di bawah 12 tahun.
• Memiliki sistem imun yang buruk atau lemah.
• Melakukan kontak langsung dengan penderita cacar air.
• Tinggal satu rumah dengan anak-anak.
• Beraktivitas di lingkungan atau fasilitas anak-anak.
• Seseorang yang berusia lebih dari 60 tahun.
• Sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi.
• Melakukan pengobatan yang dapat melemahkan imun tubuh.
• Seseorang yang menderita penyakit HIV/AIDS atau kanker.


Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan

Fokus utama penanganan penyakit herpes zoster adalah menyembuhkan luka atau blister. Penyembuhan luka dilakukan guna mencegah penyebaran herpes pada orang lain. Biasanya penanganan bersama dokter dilakukan dengan memberikan obat-obatan antivirus guna mengurangi komplikasi akibat herpes. Selain itu, untuk mengurangi rasa nyeri akibat herpes Anda dapat melakukan beberapa cara pengobatan secara mandiri, seperti:

• Mengonsumsi obat pereda rasa nyeri secara rutin.
• Mandi menggunakan air suam atau hangat.
• Kompres luka dengan air hangat atau air dingin.
• Gunakan pakaian yang berbahan dasar katun.
• Selalu kenakan pakaian yang longgar.
• Jaga area koreng agar tetap kering dan bersih.

Tak hanya penyembuhan, tindak pencegahan juga perlu dilakukan agar mendapatkan kesembuhan secara maksimal. Cara mencegah herpes zoster adalah dengan menghindari kontak fisik dengan penderita herpes, sering mencuci tangan, mengoleskan obat secara rutin, tidak berbagi pakaian dengan penderita herpes, dan hindari aktivitas seksual secara oral jika muncul gejala penyakit herpes zoster pada tubuh.


Segera Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik terhadap penyakit herpes zoster adalah melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis yang khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual di daerah Jakarta. Klinik ini dapat membantu Anda menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin karena didukung oleh dokter ahli berpengalaman serta peralatan medis yang canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki berbagai fasilitas pendukung serta lingkungan yang nyaman. Selain itu, pelayanan medis juga dilakukan secara maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama perawatan atau pemeriksaan ruin. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Lakukan penanganan secepatnya bersama Klinik Utama Sentosa sebelum penyakit bertambah parah.