Sen17Jun201911:48

Herpes Simpleks Adalah Penyakit Menular?

 

Penyakit menular herpes simpleks adalah salah satu penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya luka lenting dimana gejalanya dapat muncul sewaktu-waktu dan berulang kali jika tidak diobati dengan benar. Herpes simpleks merupakan penyakit yang perlu diwaspadai agar dapat segera disembuhkan. Pasalnya penyakit ini dapat ditularkan kepada pasangan.

herpes simpleks adalah
herpes simpleks adalah

Ada beberapa jenis penyakit herpes yang dapat ditemui pada manusia, namun yang paling sering ditemui adalah herpes zoster dan herpes simpleks. Jenis penyakit herpes dibedakan berdasarkan virus penyebabnya. Herpes simpleks disebabkan oleh herpes simpleks virus yang dapat menginfeksi pria maupun wanita. Masa inkubasi virus herpes simpleks adalah tergolong pendek sehingga gejala yang muncul juga cukup cepat setelah infeksi terjadi.

Mengenal Gejala Herpes Simpleks


Herpes simpleks adalah penyakit yang disebabkan oleh herpes simpleks virus (HPV) yaitu HPV tipe 1 dan HPV tipe 2. Herpes simpleks ini juga kita kenal dengan nama herpes kelamin yang menyerang bagian alat kelamin. Gejala yang munculpun dirasakan di sekitar alat kelamin. Berikut adalah gejala yang mungkin dialami oleh penderita penyakit herpes simpleks.


• Luka lenting kecil

Gejala penyakit herpes simpleks ini biasanya muncul di tahap awal herpes, namun akan mengering dan sembuh dengan sendirinya pada penderita yang baru pertama kali terkena herpes. Saat mengering lukanya akan berubah menjadi koreng dan meninggalkan bekas.


• Virus masuk ke dalam aliran darah

Di stadium ini, virus penyebab penyakit herpes mulai masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi system saraf. Sebenarnya tidak ada gejala yang muncul pada tahap ini. Tapi ini juga sering disebut sebagai tanap laten yang merupakan tahap tersembunyi.


• Luka lenting muncul kembali

Di tahap ini, luka lenting yang muncul biasanya jauh lebih parah dan untuk penyembuhannya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan tahap pertama. Gejala ini dapat muncul lagi sewaktu-waktu jika tidak disembuhkan dengan cara yang tepat. Virus penyebab penyakit herpes ini dapat kembali menyebabkan gejala jika daya tahan tubuh penderitanya menurun. Untuk mencegah penularan penyakit herpes simpleks adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat menularkan virusnya seperti berhubungan seksual. Pasalnya di tahap awal herpes ini biasanya tidak terdapat gejala, namun tetap bisa ditularkan tanpa disadari penderitanya.


Bagaimana Herpes Simpleks Ditularkan?


Cara penularan virus herpes yang paling sering terjadi adalah melalui aktivitas hubungan seksual. Yang paling berisiko tertular penyakit herpes simpleks adalah pasangan seksual dari penderita penyakit herpes. Selain itu, herpes juga dapat menular dari wanita hamil kepada bayi yang dikandungnya, hanya saja kasus ini tidak terlalu sering ditemui.

Selain melalui hubungan seksual baik seks oral, anal, maupun vaginal, herpes juga dapat ditularkan melalui kontak langsung seperti menyentuk koreng dari bekas luka di penderita. Bahkan berbagai handuk, alat makan, maupun pakaian dapat menyebabkan terjadinya penularan dari penderita kepada orang lain. Penularan ini dapat dihindari dengan secepatnya melakukan pengobatan terhadap gejala penyakit herpesnya. Menjaga kebersihan diri juga dapat menjadi salah satu solusi mencegah penularan virusnya.

herpes simpleks adalah
herpes simpleks adalah

Apakah Pengobatan Untuk Penyakit Herpes?


Metode pengobatan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit herpes simpleks adalah pengobatan medis. Salah satunya adalah obat antivirus untuk menekan pertumbuhan virusnya. Untuk menghindari gejalanya, maka pengobatan harus dilakukan sesegera mungkin. Pengobatanya biasanya dilakukan sesuai dengan penyebab penyakit herpesnya.




Perlu dicatat bahwa pengobatan sebaiknya tidak dilakukan tanpa petunjuk dari dokter. Selain risiko menggunakan obat yang salah, virus juga dapat kebal terhadap obat jika tidak menggunakan dosis yang tepat. Untuk itu silahkan datang langsung ke Klinik Utama Sentosa kami untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat untuk mengobati penyakit herpes yang Anda alami. Tak hanya melayani pemeriksaan, klinik sentosa juga menyediakan layanan konsultasi online secara gratis di nomor 081366657878 .