Kam13Jun201914:16

Herpes Genital Adalah Penyakit Yang Wajib Diwaspadai

 

Dari beberapa jenis penyakit menular seksual, herpes genital adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya, pasalnya dapat menular kepada orang yang berada di sekeliling penderitanya. Penyakit herpes yang kita kenal banyak jenisnya, namun yang paling sering ditemui adalah herpes zoster dan herpes simpleks. Virus penyebab herpes simpleks atau HPV tipe 1 dan tipe 2 merupakan virus yang menyebabkan adanya penyakit herpes genital.

herpes genital adalah
herpes genital adalah

Herpes genital adalah penyakit yang kita kenal juga dengan herpes kelamin yang merupakan sebuah penyakit menular yang berbahaya jika tidak segera diobati. Penyakit yang satu ini dapat ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual. Selain itu, jika terjadi pada wanita hamil juga dapat ditularkan kepada bayi yang di kandungannya. Herpes genital memang tidak dapat ditularkan melalui kontak tidak langsung, namun jika seseorang menderita penyakit ini, maka pasangannya harus waspada karena risiko tertular lebih besar.

Pengertian Herpes Genital


Herpes genital atau herpes kelamin adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Herpes Simpleks Virus (HPV). Ada dua jenis virus penyebab penyakit herpes genital yaitu HPV tipe 1 dan HPV tipe 2. Diantara keduanya, virus yang paling banyak ditemukan pada penderita herpes genital adalah HPV tipe 2. Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual, baik itu seks oral, anal, maupun vaginal.



Gejala yang muncul pada penyakit herpes genital juga berbeda dengan penyakit herpes zoster. Jika bintil pada herpes zoster dapat muncul di berbagai bagian tubuh, maka beda halnya dengan herpes genital yang hanya muncul di bagian sekitar alat kelamin saja. Koreng yang merupakan salah satu gejala pada herpes genital biasanya muncul di sekitar paha, vagina, penis, dan juga anus. Gejala yang muncul pada pria dan wanita pun berbeda karena yang paling sering terkena penyakit ini adalah wanita. Namun, bukan berarti pria tidak perlu waspada terhadap penyakit ini. Terlebih bagi mereka yang memiliki pasangan yang mengidap penyakit herpes.

herpes genital adalah
herpes genital adalah

Mengenal Apa Saja Gejala Herpes Genital


Gejala paling khas yang muncul pada penderita penyakit herpes adalah luka atau koreng yang muncul di sekitar alat kelamin. Pada wanita, luka ini bisa muncul di paha bagian dalam, vagina, ataupun anus. Jika melakukan seks oral, maka gejala yang muncul adalah rasa panas di sekitar kerongkongan. Pada pria, gejala korengnya dapat muncul di bagian penis dan menimbulkan rasa perih. Secara umum, gejala yang sering muncul pada penderita herpes genital adalah sebagai berikut :

• Luka berbentuk lenting yang jika pecah akan berubah menjadi koreng.
• Gejala flu, seperti sakit kepala, demam, nyeri otot, maupun pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar lipatan paha.
• Rasa gatal dan nyeri di sekitar bokong maupun alat kelamin.
• Rasa nyeri ketika buang air kecil. 

Lentingan tersebut berisi air dan jika pecah dapat menyebabkan rasa perih. Biasanya munculnya lenting ini merupakan gejala awal pada penyakit herpes dan dapat sembuh sendiri. Hanya saja, virusnya tidak akan ikut mati, dan perlu dilakukan pengobatan yang tepat untuk virusnya menginfeksi kembali. Seseorang yang telah terinfeksi virus herpes, maka sewaktu- waktu dapat kambuh kembali.


Obati Herpes Sebelum Menyebar

Herpes genital adalah penyakit yang jika telah menginfeksi, maka dapat menginfeksi kembali. Untuk itu diperlukan pengobatan yang tepat untuk mencegah adanya penginfeksian kemabli oleh virus HPV. Jika penderitanya memiliki daya tahan tubuh yang lemah, maka herpes yang telah sembuhpun dapat kambuh kembali. Itulah kenapa diperlukan tindakan cepat dan tepat untuk mengobati penyakit menular seksual satu ini.
 
Jika menemukan gejala herpes genital seperti di atas pada tubuh Anda, pasangan, maupun orang disekitar Anda, maka segera periksakan ke dokter. Anda bias datang ke Klinik Utama Sentosa langsung untuk melakukan pemeriksaan sekaligus pengobatan agar herpes genital dapat segera sembuh. Herpes genital adalah epnyakit menular, jadi saat seseorang terkena penyakit herpes, tidak diperbolehkan berhubungan seksual terlebih dahulu dengan pasangannya. Konsultasikan masalah kesehatan kelamin yang Anda alami dengan dokter kami melalui layanan hotline di 081366657878.