Sab20Apr201913:17

Gejala Penyakit Herpes dan Penanganannya

Gejala penyakit herpes hampir mirip dengan infeksi lain sehingga perawatan sering kali dilakukan terlambat dilakukan. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Virus penyebab herpes dapat menyebabkan infeksi di daerah mulut, wajah, dan organ kelamin atau genital. Penyakit herpes termasuk kondisi jangka panjang sehingga virus bisa bertahan seumur hidup di dalam tubuh.
gejala penyakit herpes
gejala penyakit herpes

Penyebab Munculnya Gejala Herpes Secara Umum

Virus herpes terdiri dari delapan jenis, namun hanya dua yang umum menginfeksi tubuh. Herpes simpleks merupakan salah satu penyakit kelamin yang terjadi akibat melakukan hubungan seksual tidak aman. Kedua jenis virus penyebab penyakit herpes yang biasa menyerang manusia, antara lain:


• Virus herpes simpleks atau HSV tipe 1, dikenal dengan herpes oral yang menyebabkan luka dan benjolan melepuh di sekitar mulut dan wajah.

• Virus herpes simpleks atau HSV tipe 2, termasuk golongan herpes genital karena muncul di organ kelamin dan daerah sekitar anus.

Gejala penyakit herpes secara umum bisa diketahui dengan mudah, seperti demam, menggigil, sesak napas, nyeri pada persendian, pegal di satu bagian tubuh, munculnya bintik kemerahan di kulit, dan sakit perut. Jika gejala penyakit herpes sudah terlihat, segera periksakan bersama dokter sebelum berlanjut menjadi semakin parah.

Apa Saja Penanganan Terhadap Penyakit Herpes

Penanganan pada gejala penyakit herpes biasanya dilakukan dengan mengonsumsi obat berdasarkan resep dokter. Obat herpes ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala, seperti nyeri dan demam. Selain itu, penderita infeksi herpes juga diberikan obat antiviral guna membantu tubuh melawan gejala penyakit tersebut, menghindari terjadinya komplikasi, dan melindungi dari ketidakmampuan daya tahan tubuh dalam menghentikan virus.
 
Untuk membantu meringankan dan menghilangkan gejala, selama masa perawatan Anda disarankan menyertai pengobatan rumahan. Beberapa penanganan rumahan dan obat herpes alami guna meredakan gejala-gejala penyakit, adalah sebagai berikut:


• Rutin mandi menggunakan air garam guna membantu meredakan gejala.
• Berendam dalam bak mandi yang berisi air hangat secara teratur.
• Gunakan pakaian yang longgar atau tidak ketat pada area yang terinfeksi.
• Cuci tangan hingga bersih dengan sabun setelah menyentuh luka herpes.
• Tidak melakukan kegiatan seksual, baik secara anal, oral, maupun vaginal.
• Kompres area yang terinfeksi menggunakan es berbalut dengan handuk.

Sementara untuk obat alami yang biasa Anda terapkan di rumah, seperti istirahat yang cukup guna mengendalikan sistem kekebalan tubuh, kurangi rasa sakit serta gatal dengan mengomprenya dengan air dingin, dan gunakan losion atau krim resep dokter untuk meredakan rasa gatal. Jika gejala penyakit herpes tidak kunjung hilang selama 10 hari, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.
 

Segera Lakukan Konsultasikan di Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit herpes bisa disembuhkan dengan melakukan penanganan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab, cara pencegahan virus herpes, serta penanganannya. Informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.