Sen06Mei201916:12

Gejala dan Cara Pengobatan Herpes Genital

Gejala herpes genital, Anda mungkin merasa gatal atau geli pada area alat kelamin. kondisi ini umumnya diikuti lepuh kecil yang menyakitkan yang keluar serta meninggalkan luka yang keluar atau berdarah. Kebanyakan orang melihat gejala herpes genital beberapa minggu setelah tertular.
Gejala dan Cara Pengobatan Herpes Genital
Gejala dan Cara Pengobatan Herpes Genital
Pada awal pertama kali terinfeksi, Anda mungkin mengalami demam, sakit kepala, atau perasaan flu, namun pada beberapa orang memiliki sedikit gejala atau bahkan tanpa gejala. Anda mendapatkan infeksi virus penyebab herpes genital dengan jenis hubungan seksual vaginal, anal, atau oral.

Apa itu herpes? Herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum disebabkan virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) dan lebih jarang disebabkan virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-2). Kedua virus ini berbeda, diketahui penyebab infeksi oral untuk HSV-1 dan genital HSV-2, namun ini tidak lagi benar.

HSV-1 dapat menyebabkan lecet pada mulut dan pada alat kelamin melalui seks oral. Hal ini berarti bahwa HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebabkan herpes genital.



Apa saja gejala herpes

Infeksi herpes genital sangat umum, namun banyak orang yang bahkan tidak mengetahui memilikinya. Ini disebabkam banyak orang tidak memiliki gejala fisik apapun dari infeksi herpes, yaitu infeksi yang tidak menunjukkan gejala.

Perlu Anda ketahui bahwa gejala herpes genital dapat berbeda bagi semua orang yang terinfeksi, dan banyak orang tidak memiliki gejala klasik. Beberapa orang mungkin curiga bahwa kondisi ini disebabkan oleh infeksi lain.

Gejala herpes genital bagi mereka yang mengalaminya, seringkali tidak menyenangkan. Wabah herpes awal dapat mengejutkan dan wabah yang paling parah.

Wabah pertama (infeksi primer). Setelah tertular virus herpes simpleks, gejala mulai muncul sekitar 2 hingga 10 hari keumudian. Infeksi ini dikenal dengan infeksi primer. Gejala pada tahap ini berupa terbentuk kelompok kecil tonjolan yang berkembang menjadi cairan atau lepuh berisi nanah.

Selanjutnya, lepuh berkerak atau borok (menjadi luka terbuka). Mereka akhirnya akan mundur, meninggalkan kulit dan selaput lendir untuk pulih. Lepu ini umumnya terasa neyri, gatal, dapat menyebabkan nyeri tekan, disertai dengan buang air kecil menyakitkan.

Infeksi berulang (setelah wabah awal). Wabah herpes terus datang kembali secara tidak terduga, ini karena virus herpes mengambil tempat tinggal secara permanen pada akar saraf, dan tidak benar-benar dihilangkan. Jika Anda tidak melihat adanya lesi herpes pada genital, pada masa ini Anda tidak aman.

Sebagian besar orang yang mengalami infeksi berulang memiliki lesi yang lebih ringan untuk periode waktu yang singkat dibandingkan dengan infeksi primer. Beberapa orang dapat merasakan ketika wabah herpes berulang, perhatikan gejala kesemutan, dan gatal.

Baca juga: Pengobatan Herpes Genital Paling Ampuh! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan

Untuk diagnosis infeksi herpes genital, penyedia layanan kesehatan akan memeriksa lesi dan menanyakan riwayat seksual jika ada wabah herpes sebelumnya. Dokter dapat melakukan tes laboratorium dari lesi, atau tes darah untuk mendeteksi virus.

Jika Anda mengalami gejala herpes genital, segera lakukan konsultasi untuk mendapatkan pengobatan sejak dini untuk mencegah virus penyebab tidak berkembang. Virus herpes simpleks tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikelola untuk mebantu mengendalikan wabah.

Obat-obatan akan membantu mencegah berjangkitnya kejadian dan untuk mengurangi keparahan durasi dan gejala herpes genital. Obat rumahan atau obat yang dijual bebas tidak terbukti efektif untuk menyembuhkan infeksi herpes. Itu sebabnya, Anda membutuhkan perawatan intensif untuk segera terbebas dari infeksi penyakit kelamin ini.



Muncul lesi pada alat kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda mengalami gejala herpes genital, sedang mencari pengobatan, atau sudah melakukan pengobatan namun tidak kunjung sembuh, kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga! Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi.

Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah banyak mengatasi penyakit kelamin dan rata-rata pasien puas dengan pelayanan yang kami berikan. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait gejala herpes genital dan cara pengobatan yang aman, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.