Jum14Jun201910:49

Disebabkan Oleh Virus, Apakah Herpes Berbahaya?

 

Untuk mengetahui apakah herpes berbahaya atau tidak, maka kita harus mengenal terlebih dahulu apa saja bahaya, penyebab sekaligus gejala apa saja yang muncul ketika virus penyebab herpes menginfeksi. Herpes merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya infeksi herpes simpleks virus (HPV). Ada dua jenis virus yang biasanya menjadi penyebab penyakit herpes, yaitu HPV tipe 1 dan HPV tipe 2.

apakah herpes berbahaya
apakah herpes berbahaya

Kedua virus tersebut dapat menyebabkan penyakit herpes, hanya saja yang paling sering ditemui pada penderita penyakit herpes kelamin adalah HPV tipe 2. Sebenarnya ada beberapa jenis penyakit herpes yang biasa menginfeksi manusia, namun yang paling sering kita temui adalah herpes zoster dan herpes simpleks. Kedua jenis penyakit herpes ini sama-sama dapat diderita oleh pria maupun wanita. Namun keduanya dibedakan karena gejala sekaligus virus penyebabnya berbeda, namun mengenai apakah herpes berbahaya, maka dapat kita kategorikan berbahaya, pasalnya virusnya dapat dengan mudah menular.

Gejala Dan Tanda Penyakit Herpes


Tanda bahwa seseorang terkena penyakit herpes biasanya dapat dilihat dari gejala yang dialaminya. Gejala yang muncul pada penderita penyakit herpes zoster dan simpleks berbeda-beda, dan inilah perbedaannya. Dari sini kita dapat melihat apakah herpes berbahaya atau tidak.

• Gejala Herpes Zoster

Gejala yang biasanya muncul atau dialami oleh penderita penyakit herpes diantaranya adalah :

- Munculnya bintil mirip cacar air di bagian tubuh baik bagian kanan maupun kiri.
- Bintil ini dapat muncul di berbagai bagian tubuh muali dari tangan, kaki, tubuh, hingga wajah.
- Bintil ini lama kelamaan akan melepuh dan pecah yang saat mengering berubah menjadi koreng.
- Jika lukanya tersentuh, maka akan terasa nyeri dan terbakar. Nyeri ini terkadang masih terasa meskipun bintilnya telah menghilang. Selain gejala-gejala tersebut, terkadang penderita juga mengalami gejala flu seperti sakit kepala, demam, dan juga lemas. Dari gejalanya saja kita dapat menyimpulkan apakah herpes berbahaya atau tidak.



• Gejala Herpes Simpleks

Jika herpes zoster ditandai dengan munculnya luka bintil, maka pada herpes simpleks gejala yang sering dialami penderitanya adalah sebagai berikut.

- Rasa sakit saat buang air kecil.
- Keluarnya cairan dari vagina jika herpes terjadi pada wanita.
- Koreng muncul di bagian sekitar alat kel;amin, seperti paha, anus, vagina, maupun penis.
- Benjolan di sekitar selangkangan.

apakah herpes berbahaya
apakah herpes berbahaya

Penularan Penyakit Herpes


Untuk penularannya, keduanya juga memiliki perbedaan. Jika penyakit herpes zoster dapat ditularkan melalui udara karena aktivitas bersin maupun batuk, maka penyakit herpes simpleks tidak dapat menular melalui kontak tidak langsung. Luka herpes simpleks muncul di bagian sekitar kelamin, jadi untuk penularannya lebih banyak terjadi melalui hubungan seksual baik oral, anal, dan vaginal.

Apalagi virus herpes simpleks tidak dapat bertahan lama pada benda mati. Sedangkan herpes zoster dapat menular hanya dengan berdekatan dengan penderita herpesnya. Penggunaan barang yang sama seperti alat makan, alat mandi, handuk juga dapat menularkan virus penyebab penyakit herpes.


Dapatkan Penyakit Herpes Diobati?


Penyakit herpes dapat diobati asalkan sejak gejalanya muncul langsung diberikan pengobatan dan perawatan agar virusnya tidak semakin menyebar. Apalagi untuk virus zoster yang dapat menyerang siapa saja. Kedua jenis penyakit herpes ini sama-sama berbahaya, dan harus segera diobati agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain maupun ke orang disekitar penderita. Jadi, apakah herpes berbahaya? Jawabannya adalah iya.
 
Untuk mengurangi gejala yang terjadi, penggunaan obat antibiotik biasanya sering digunakan oleh para dokter untuk mengobati penyakit herpes ini. Lagipula gejala herpes memang awalnya sembuh sendiri, namun jika tidak ditangani dengan benar, maka herpes dapat kambuh kembali. Jika Anda menemukan gejala seperti di atas, segera kunjungi dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Apakah herpes berbahaya jika diobati sendiri? Tidak disarankan untuk mengobatinya sendiri karena risiko penularannya. Klinik kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis melalui hotline di 081366657878 .