Sel28Mei201916:57

Dengan Cara Apakah Herpes Zoster Menular?

 

Apakah herpes zoster menular? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah iya, namun untuk mengetahui lewat acara apa saja virusnya menular, temukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini. Herpes adalah penyakit yang dapat diderita oleh siapa saja. Dan jenis herpes ini ada banyak, dan yang paling sering ditemui adalah herpes simpleks dan herpes zoster. Yang membedakan keduanya adalah jenis virus yang menyebabkan infeksi.



Jika herpes simpleks disebabkan oleh herpes simpleks virus, maka herpes zoster disebabkan oleh virus varisela-zoster. Herpes zoster dikenal juga dengan nama cacar api atau cacar ular karena memang merupakan kondisi lanjutan dari penyakit cacar air. Penularan virus zoster jauh lebih mudah banyak dibandingkan virus herpes simpleks. Pasalnya virus yang merupakan penyebab penyakit herpes kelamin atau genital ini hanya menular melalui kontak langsung. Apakah herpes zoster menular? Jawabannya iya, bahkan lewat udara.

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Zoster?


Penderita herpes zoster umumnya akan mengalami gejala muncul luka seperti cacar air yaitu bintik-bintik merah. Sebelum muncul bintik-bintik merah, biasanya penderita akan mengalami gejala seperti pilek, lesu, lelah, lemah, serta demam. Bahkan jika kondisinya lebih parah, penderita dapat mengalami gejala pusing, sakit kepala, dan bahkan nyeri sendi.

Beberapa hari setelah gejala seperti di atas, barulah muncul bintik-bintik merah. Lama kelamaan bintik tersebut akan berubah menjadi gelembung yang berisi cairan bening dan bisa pecah. Gelembung ini menyebabkan rasa gatal, namun sebaiknya jangan digaruk agar dapat mengering nantinya dan berubah jadi koreng. Gejala herpes zoster lainnya adalah gangguan saraf yang biasanya terjadi pada satu bagian saraf saja. Apakah herpes zoster menular? Jika tidak dicegah, maka bisa saja.


Bahaya Atau Risiko Penyakit Herpes Zoster


Jika ditanya apakah herpes zoster menular, maka jawabannya adalah iya. Tak hanya memiliki risiko menular ke orang-orang terdekat, penyakit herpes zoster yang tidak segera diobati dapat menyebabkan beberapa risiko di bawah ini :

• Infeksi kulit

Lepuhan yang berasal dari gejala herpes zoster ini dapat terinfeksi bakteri sehingga menjadi meradang dan bernanah.

• Neuralgia pasca herpes

Risiko komplikasi yang satu ini merupakan yang sering terjadi yaitu dimana gejalanya nyerinya bertahan hingga waktu yang lama meskipun lepuhan pada kulitnya telah menghilang.

• Kelemahan pada otot

Otot diatur oleh saraf, sedangkan saraf ikut terganggu akibat herpes zoster ini, jadi risiko lain yang bisa terjadi adalah keleman pada otot akibat gangguan pada saraf.

• Peradangan pada mata

Peradangan ini dapat terjadi pada seluruh maupun sebagian mata dimana kondisi ini dapat mempengaruhi penglihatan.

Apakah Herpes Zoster Menular Melalui Udara?


Telah dijelaskan sebelumnya bahwa herpes zoster ini dapat ditularkan dengan berbagai cara. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah dengan cara apakah herpes zoster menular dari penderita ke orang lain. Virus zoster dapat menular melalui udara yaitu dari aktivitas bersin dan batuk. Selain itu, kontak langsung dengan penderita juga memicu terjadinya penularan.

Sebenarnya herpes zoster ini paling sering dialami oleh anak-anak, hanya saja orang disekitarnya juga rentan tertular virusnya. Jika Anda atau orang di sekitar anda menderita penyakit herpes zoster ini, maka Anda harus waspada agar tidak sampai tertular. Caranya adalah dengan segera melakukan pengobatan.

Dapatkan Herpes Zoster Diobati?


Pada saat gejala herpes zoster muncul, sebaiknya segera lakukan pengobatan ke dokter. Pasalnya gejala herpes ini cukup cepat berkembang ke tahap yang lebih parah. Orang yang pernah mengalami cacar air juga sebaiknya waspada terhadap penyakit yang satu ini karena mereka lebih rentan mengalaminya dibandingkan orang yang belum pernah mengalami cacar air. Anda dapat memastikan apakah herpes zoster menular ke anggota keluarga Anda yang lain jika salah satunya terkena dengan periksa ke dokter.



Pengobatan yang tepat dan aman adalah dengan menggunakan bantuan medis dari dokter. Silahkan datang langsung ke klinik kami yaitu Klinik Utama Sentosa agar bahaya yang disebutkan di atas tidak terjadi. Jika Anda menemukan gejala yang mirip dengan yang telah disebutkan di atas, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami melalui layanan konsultasi gratis di 081366657878.