Jum10Mei201916:56

Cegah Penularan Penyakit Herpes Genital

 

Penyakit herpes genital merupakan sebuah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya infeksi virus bernama herpes simpleks virus (HSV). Infeksi virus penyebab herpes ini dapat menyerang pria maupun wanita. Herpes genital atau herpes kelamin biasanya ditandai dengan adanya gejala luka bentol dan berair yang muncul di sekitar organ seksual baik itu organ seks oral, anal, maupun vaginal. Virus penyebab penyakit herpes kelamin ini ada dua jenis, yaitu virus herpes simpleks tipe 1 dan tipe 2.



Diantaranya kedua jenis virus herpes simpleks tersebut yang paling sering menyebabkan herpes genital adalah virus tipe 2. Infeksi virus herpes simpleks tidak boleh diabaikan, karena bahaya penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Untuk mengurangi risiko bahaya penyakit herpes, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami.

Seperti Apa Gejalanya?


Ciri-ciri atau gejala yang sering muncul pada penderita penyakit herpes genital diantaranya adalah :

•Benjolan kecil berwarna merah ataupun lenting putih
•Daerah kelamin atau bokong juga terasa nyeri dan gatal
•Rasa nyeri ketika buang air kecil
•Muncul gejala seperti gejala flu seperti demam, sakit kepala, maupun pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar lipatan paha.

Setelah luka pecah, biasanya akan berubah menjadi koreng. Luka yang dimaksud dapat muncul di sekitar organ seksual, baik anal, oral, maupun vaginal seperti anus, mulut, maupun vagina. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Pasalnya tak hanya bisa ditularkan melalui hubungan seksual, kontak langsung dengan penderita juga dapat memicu penularan penyakit herpes genital ini.

Bagaimana Herpes Genital Ditularkan?


Untuk menghindari penularan herpes genital ini, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara virus herpes simpleks ini menular.

•Melalui hubungan intim

Salah satu aktivitas yang dapat memicu penularan herpes genital yaitu melalui hubungan intim atau seks. Entah itu seks oral, anal, maupun vaginal. Herpes genital paling sering ditularkan kepada orang terdekat terutama pasangan seksual. Inilah mengapa gejalanya muncul di sekitar mulut, anus, maupun vaginal.

•Kontak fisik dengan penderita

Hindari kontak fisik dengan penderita penyakit herpes genital apalagi yang sudah mengalami gejala bintil-bintil yang berisi cairan.



•Melahirkan secara normal

Seorang ibu hamil yang menderita herpes genital dapat menularkan penyakitnya saat melahirkan bayinya secara normal. Hal ini terjadi pada penderita yang mengalami gejala munculnya luka di sekitar anus maupun vagina.

Bisakah Sembuh Dari Herpes Genital?


Saat mengalami gejala penyakit herpes genital, segera lakukan pemeriksaan agar mengetahui diagnosisnya. Pasalnya risiko herpes genital dapat menular cukup besar terutama pada mereka yang sering berganti pasangan. Selain itu, virus ini juga mudah ditularkan dari pria ke wanita. Meskipun hal sebaliknya dapat terjadi, namun kemungkinannya tidak sebesar penularan herpes pria ke wanita. Pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan oleh Anda dan pasangan karena herpes merupakan penyakit menular seksual dimana kemungkinan pasangan Anda juga telah terinfeksi herpes genital ini.



Herpes genital tidak dapat ditularkan lewat pemakaian barang yang sama karena virusnya tidak dapat bertahan lama di luar tubuh. Penyakit herpes genital ini dapat disembuhkan, terutama jika segera setelah gejala yang dialami dilakukan tindakan pemeriksaan. Pemeriksaan dapat Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Dokter akan memberikan solusi pengobatan yang tepat untuk mengobati herpes genital. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara gratis melalui hotline di nomor 081366657878.