Kam16Mei201916:28

Bisakah Herpes di Kemaluan Sembuh Total?

Herpes di kemaluan merupakan salah satu penyakit menular seksual akibat infeksi virus. Pria maupun wanita yang aktif secara seksual berisiko lebih besar untuk terkena infeksi. Hal ini dikarenakan, virus mudah menular melalui hubungan seksual, termasuk oral dan anal. Selain karena berhubungan badan, penyakit herpes di kemaluan juga bisa diderita oleh bayi baru lahir akibat tertular dari sang ibu.
herpes di kemaluan
herpes di kemaluan

Beberapa Gejala Akibat Adanya Infeksi Herpes

Penderita penyakit herpes di kemaluan terkadang tidak merasakan gejala saat pertama kali terinfeksi. Hal ini yang mengakibatkan penyebaran infeksi virus kepada orang lain tidak diketahui. Beberapa gejala penyakit herpes di kemaluan yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut:


• Adanya luka terbuka berwarna kemerahan yang disertai rasa sakit.
• Merasakan gatal dan geli di sekitar daerah genital atau sekitar anus.
• Luka melepuh kemudian akan pecah dan terbuka yang menyebabkan sakit.
• Terasa sakit pada punggung bawah, mengalami demam, dan mudah lelah.
• Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di lipatan paha.

Gejala herpes di kemaluan akan berbeda-beda pada setiap orang dan bisa menghilang serta timbul kembali selama beberapa tahun. Faktor penyebab utama penyakit herpes di kemaluan adalah virus herpes simpleks tipe 2. Selain infeksi virus, penyakit juga bisa dipicu oleh adanya faktor-faktor risiko, seperti memiliki lebih dari satu pasangan, jenis kelamin, dan sistem imun yang lemah.


Penanganan Medis Terhadap Infeksi Herpes

Sebelum pengobatan bersama dokter dilakukan, penderita perlu memeriksakan kondisi kesehatan melalui diagnosis. Beberapa tes yang dijalani adalah pemeriksaan kultur urin guna mengonfimasi adanya virus herpes, tes polymerase reaction untuk memastikan adanya HSV serta menentukan tipenya, dan pemeriksaan darah agar infeksi virus sebelumnya yang mungkin ada dapat terdeteksi sejak awal.
 
Penanganan penyakit herpes kemaluan biasanya dilakukan dengan memberikan obat-obatan. Pemberian obat ini berguna untuk menghilangkan gejala dan mencegah herpes untuk kembali kambuh. Dokter juga akan meresepkan obat antivirus yang memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan, mengurangi frekuensi kekambuhan, mengurangi tingkat keparahan serta durasi gejala, dan mengurangi kemungkinan penularan infeksi pada orang lain. Selain konsumsi obat, dokter juga menyarankan untuk mengubah gaya hidup, seperti:
 
• Rutin konsumsi obat herpes yang diberikan dokter sesuai anjuran.
• Selalu jaga luka herpes pada kulit agar tetap bersih dan kering.
• Hindari menyentuh langsung luka herpes yang ada di kulit.
• Cuci tangan sesering mungkin guna mencegah penularan pada orang lain.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Batasi jumlah pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Tidak melakukan hubungan intim jika peradangan masih berlangsung.


Lakukan Konsultasi Segera di Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit herpes di kemaluan bisa sembuh total dengan cepat jika melakukan penanganan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum perawatan dilakukan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.