Min17Mar201914:01

Berikut Cara Mengobati Virus Penyebab Herpes

Virus penyebab herpes dapat menyebabkan munculnya gejala, berupa luka di leher, bibir, dan organ genital. Herpes merupakan salah satu penyakit menular seksual yang mudah menular dan bisa dialami oleh pria maupun wanita. Penyakit ini ditandai dengan radang pada kulit hingga membentuk gelembung-gelembung berisi air yang tumbuh secara berkelompok. Herpes dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni herpes simpleks dan herpes zoster.
virus penyebab herpes
virus penyebab herpes

Beberapa Jenis Infeksi Herpes yang Perlu Diketahui

Infeksi virus penyebab herpes dapat memunculkan gejala yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Tahapan infeksi herpes yang perlu Anda ketahui, antara lain stadium primer, stadium laten, stadium peluruhan, dan stadium rekurensi atau muncul kembali. Beberapa jenis penyakit herpes berdasarkan tipe virus yang menginfeksi, adalah sebagai berikut:


• Herpes tipe 1

Tipe 1 merupakan virus penyebab herpes pada bibir atau pinggang ke atas. Infeksi virus penyebab herpes ini akan memunculkan gejala di leher, luka seperti sariawan pada mulut, dan ruam lepuh lainnya. Jika Anda sudah pernah terinfeksi virus herpes, maka penyakit dapat kambuh sewaktu-waktu saat keadaan tubuh melemah.
 

• Herpes tipe 2

Tak hanya tipe 1, terdapat virus penyebab herpes lainnya yang bisa diderita oleh pria maupun wanita. Beberapa gejala akibat terinfeksi virus penyebab penyakit herpes adalah rasa gatal tidak tertahan pada organ kelamin, keluarnya cairan asing dari kemaluan, sakit ketika buang air kecil, dan muncul luka di sekitar organ kelamin atau anus.


• Herpes zoster

Herpes zoster merupakan penyakit akibat infeksi kulit dan lanjutan dari cacar air karena virus penyebab herpes yang menyerang sama. Meski sama, herpes zoster memiliki ciri khusus, yakni munculnya cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tubuh tertentu. Cara mencegah infeksi virus ini adalah menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kontak langsung.


Bagaimana Pengobatan Tepat Terhadap Penyakit Herpes?

Pengobatan terhadap infeksi penyakit herpes bisa dilakukan dangan mengonsumsi obat antibiotik. Pemberian obat ini bertujuan untuk mengurangi keluhan gejala, seperti nyeri, demam, menghindari komplikasi, dan melindungi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Selain itu, dokter juga akan meresepkan obat antiviral guna membantu tubuh melawan gejala infeksi virus. Selama masa pengobatan, penderita herpes perlu menerapkan beberapa pencegahan, seperti:

• Rutin mandi dengan menggunakan air suam atau air hangat.
• Kompres kulit yang terinfeksi dengan air hangat atau air dingin.
• Konsumsi obat pereda rasa nyeri secara rutin sesuai resep dokter.
• Selalu menjaga area yang luka agar tetap bersih dan kering.
• Hindari kulit yang terinfeksi dari sinar matahari langsung.
• Tidak menggunakan alat-alat kebersihan secara bergantian.
• Usahakan mendapat cukup tidur dan rutin melakukan olahraga.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Infeksi virus penyebab herpes dapat Anda ketahui setelah melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.