Rab08Mei201914:45

Berapa Lama Herpes Kelamin Bisa Sembuh?

Berapa lama herpes kelamin bisa sembuh akan tergantung pada beberapa hal, misalnya metode pengobatan yang dijalani, tingkat keparahan penyakit sebelum didiagnosis. Herpes kelamin yang terdeteksi sejak dini akan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat.
Berapa Lama Herpes Kelamin Bisa Sembuh?
Berapa Lama Herpes Kelamin Bisa Sembuh?
Herpes kelamin atau genital herpes merupakan infeksi virus disebabkan herpes simplex virus (HSV). Ada 2 jenis virus, yaitu tipe 1 dan 2 (HSV-1 dan HSV-2). Seperti halnya herpes genital, HSV dapat menginfeksi mulut dan menyebabkan luka dingin. Lesi HSV-1 dan HSV-2 terlihat sama dan hanya dapat dibedakan dengan tes laboratorium.

Setiap kasus herpes dapat berbeda tergantung pada orang yang terinfeksi, ada banyak faktor yang dapat mengubah jumlah waktu dan berapa lama herpes kelamin bisa sembuh yang dibutuhkan wabah herpes untuk membersihkannya, termasuk:

• Jenis herpes apa (HSV-1 atau HSV-2) yang diderita.
• Berapa banyak wabah herpes yang dialami.
• Tindakan pengobatan yang dijalani.
• Dengan perawatan yang tepat dari gejala awal untuk menjadi bebas gejala dibutuhkan sekitar 2 sampai 3 minggu.



Berapa lama wabah herpes kelamin bertahan?

Herpes kelamin yang juga dikenal dengan HSV-2 mempengaruhi alat kelamin, yang umumnya menyebar melalui hubungan seksual. Beberapa tahap untuk wabah herpes kelamin, antara lain:

Tahap 1: tahap ini sangat menular, terasa nyeri, kesemutan tau gatal gatal yang mungkin ketika HSV-2 aktif dalam kulit.

Tahap 2: kulit kemerahan, kulit dapat menjadi merah dan sensitif, berlangsung 1 hingga 4 hari.

Tahap 3: formasi lesi. Lesi serta luka mulai muncul pada area alat kelamin atau anus. Mereka mengisi dengan cairan dan menjadi sangat menyakitkan. Luka berlangsung selama 2 hingga 6 hari.

Tahap 4: pengemban lesi. Tahap ini adalah tahap yang paling menular. Lesi atau luka terus tumbuh dan akhirnya akan meledak melepaskan penumpukan cairan. Luka terbuka dan berair selama 1 hingga 4 hari.

Tahap 5: scabbing. Setelah cairan mengering dari luka, akan mengering dan keropeng selama dalam beberapa hari.

Jika Anda curiga terinfeksi herpes kelamin, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan atau di tes dan menjalani perawatan yang tepat, sebab berapa lama herpes kelamin bisa sembuh tidak dapat dipastikan selama Anda tidak menjalani pengobatan dengan benar.

Baca Juga: Akibat Mengabaikan Herpes Genital! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan herpes kelamin

Pengalaman orang akan infeksi herpes kelamin sangat bervariasi dan perawatan setiap infeksi menular seksual (PMS) itu khas dan spesifik, diagnosis yang akurat sangat penting dan dibutuhkan. Diagnosis herpes genital yang akurat termasuk dengan mengambil anamnesis, melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil swab untuk kultur virus. Diagnosis akan lebih mudah jika borok dini atau lepuh mengandung cairan diperlukan untuk konfirmasi laboratorium.

Herpes kelamin dapat ditangani, sejumlah pilihan perawatan herpes kelamin menawarkan pengobatan efektif dari gejala herpes kelamin yang telah dikembangkan. Untuk mempersingkat berapa lama herpes kelamin bisa sembuh, pastikan Anda mendapatkan pengobatan yang aman dan tidak sembarangan melakukan perawatan atau mengoleskan krim pada luka tanpa anjuran dokter.



Luka herpes dikelamin? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Berapa lama herpes kelamin bisa sembuh dapat dipersingkat dengan pengobatan yang akurat dari dokter ahli kelamin profesional, dan hali itu bisa Anda temukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan khusus penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih berpengalaman dan sudah banyak membantu mengatasi penyakit kelamin hingga tuntas.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait berapa lama herpes kelamin bisa sembuh, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.