Jum07Jun201911:00

Benarkah Zoster Adalah Salah Satu Jenis Herpes?

Zoster adalah salah satu jenis herpes yang menyebabkan luka pada kulup akibat virus Varicella zoster. Herpes zoster dapat diderita oleh siapa saja yang pernah mengalami cacar air karena penyebab penyakitnya yang sama. Seseorang yang telah sembuh dari cacar air, virus Varicella ini akan menjadi tidak aktif namun bertahan dalam tubuh selama bertahun-tahun. Meski tidak berbahaya, penyakit herpes zoster bisa menimbulkan rasa nyeri sehingga perlu diobati dengan segera.
zoster adalah
zoster adalah

Apa Saja Gejala yang Dirasakan Penderita Herpes Zoster?

Selain akibat infeksi virus Varicella zoster, penyebab seeorang menderita herpes zoster adalah berusia di atas 50 tahun dan memiliki kekebalan tubuh yang lemah akibat menderita penyakit tertentu. Gejala utama herpes zoster adalah timbulnya bintil berisi air pada kulit yang disertai dengan ciri ciri sebagai berikut:


• Bintil muncul seperti cacar air pada salah satu sisi tubuh.
• Jaringan yang ada di sekitar bintik mengalami pembengkakan.
• Bintik kemudian akan berkembang menjadi luka lepuh.
• Luka lepuh yang pecah berubah menjadi kering dan berkerak.
• Bintil dapat timbul di area mata sehingga mengganggu penglihatan.

Biasanya, bintil akan terasa nyeri seperti terbakar, kaku, hingga kesemutan yang semakin parah jika disentuh. Pada dasarnya, nyeri sudah timbul 2 hingga 3 hari sebelum bintil muncul dan akan terus terasa oleh penderitanya bahkan setelah bintil hilang. Tak hanya nyeri, gejala lain yang akan dirasakan penderita herpes zoster adalah demam, sakit kepala, tubuh terasa lemas, dan silau terhadap cahaya.


Pengobatan Tepat Terhadap Infeksi Herpes Zoster

Sebelum pengobatan pada herpes zoster dilakukan, dokter akan memastikan penyakit dengan mendiagnosis kondisi kesehatan penderitanya. Dokter biasanya mendiagnosis dengan melakukan pemeriksaan melalui gejala yang dirasakan. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, barulah penanganan dengan pemberian obat antivirus dilakukan. Fokus utama penanganan penyakit herpes zoster adalah menyembuhkan luka atau blister.
 
Selain itu, dokter juga menyarankan penggunaan obat pereda rasa nyeri agar gejala penyakit cepat mereda. Penyembuhan luka dilakukan guna mencegah penyebaran herpes pada orang lain. Selain itu, untuk mengurangi rasa nyeri akibat herpes Anda dapat melakukan beberapa cara pengobatan secara mandiri, seperti:

• Mandi menggunakan air suam atau air hangat.
• Kompres luka herpes dengan air hangat atau air dingin.
• Gunakan pakaian yang berbahan dasar katun.
• Selalu kenakan pakaian yang longgar atau tidak terlalu ketat.
• Jaga agar area koreng agar tetap kering dan bersih.
• Hindari kontak dengan wanita hamil yang belum pernah mengalami cacar.
• Tidak menggaruk luka lepuh dan sesering mungkin mencuci tangan.
• Tutup luka lepuh agar cairan tidak mengontaminasi benda sekitar.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik terhadap penyakit herpes zoster adalah melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis yang khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual di daerah Jakarta. Klinik ini dapat membantu Anda menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin karena didukung oleh dokter ahli berpengalaman serta peralatan medis yang canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki berbagai fasilitas pendukung serta lingkungan yang nyaman. Selain itu, pelayanan medis juga dilakukan secara maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama perawatan atau pemeriksaan rutin. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Lakukan penanganan secepatnya bersama Klinik Utama Sentosa sebelum penyakit bertambah parah.