Rab24Jul201913:46

Bahaya Penyakit Herpes Pada Kelamin Pria

 

Penyakit herpes pada kelamin pria merupakan salah satu penyakit menular yang patut diwaspadai gejalanya. Pasalnya, penyakit yang satu ini dapat menginfeksi pria maupun wanita. Selain itu penularannya juga dapat terjadi dari pria kepada wanita maupun sebaliknya. Penyakit herpes yang sering kita lihat beberapa, dan keduanya sama-sama berbahaya.

herpes pada kelamin pria
herpes pada kelamin pria

Hanya saja, penyakit herpes pada kelamin pria ini sangat mudah menular bahkan saat gejalanya belum muncul. Untuk masa inkubasi virus penyebab herpes kelamin ini cukup cepat. Meskipun luka akibat penyakit herpes pada kelamin ini bisa sembuh sendiri, namun jika virus penyebabnya belum ditangani, maka gejalanya dapat muncul lagi dan semakin parah. Untuk mencegah penularannya, maka virus penyebab herpes ini harus ditangani terlebih dahulu.

Apa Itu Penyakit Herpes Kelamin


Penyakit herpes kelamin merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Penyebaran infeksi virus penyebab penyakit herpes pada kelamin pria ini terjadi melalui hubungan seksual. Selain itu kontak fisik dengan penderita penyakit herpes juga dapat memicu terjadinya penularan herpes simpleks virus (HPV). Virus inilah yang menyebabkan penyakit herpes genital atau herpes kelamin.

Gejala umum dari penyakit herpes ini adalah munculnya luka lenting yang berisi cairan. Luka ini akan pecah dan berubah menjadi koreng. Dan bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika lukanya sembuh bukan berarti infeksinya juga ikut sembuh begitu saja. Bahkan setelah lukanya sembuh, penularan masih bisa terjadi jika virus penyebabnya tidak diatasi dengan tepat. Simak cara mengatasi penyakit herpes kelamin di bawah ini agar infeksi virusnya tidak semakin menyebar.

herpes pada kelamin pria
herpes pada kelamin pria

Gejala Penyakit Herpes Kelamin


Herpes merupakan salah satu penyakit menular seksual yang banyak diderita oleh pria maupun wanita. Untuk mengenali penyakit herpes pada kelamin pria ini sebaiknya kenali gejalanya dengan baik. Pasalnya tidak semua penderita herpes mengalami gejala penyakit yang satu ini, dan gejala penyakit ini juga cukup mirip dengan gejala penyakit lain sehingga harus lebih jeli dalam mengenali gejalanya.

Gejala dari penyakit herpes pada kelamin pria, di antaranya adalah:

• Flu serta tidak enak badan

Gejala ini umumnya kurang disadari karena seperti gejala flu biasa dimana penderitanya merasakan sakit kepala, flu, maupun gatal di sekitar penis dan selangkangan.

• Bintil pada penis

Bedakan, bintil penis yang menandakan gejala penyakit herpes kelamin biasanya berawal dari kulit normal yang terasa gatal, kesemutan, dan semakin lama semakin berkembang berkembang menjadi benjolan. Bentuk benjolannya seperti teriritasi dan terasa sakit. Bintil kecil kemerahan ini berisi cairan. Bintil ini dapat muncul bokong, paha, dan lengan, mulut, serta alat kelamin.



• Luka koreng

Saat pada tahap gejala ini, penyakit herpes menjadi lebih mudah menyebabkan penularan. Luka dapat terbuka selama satu hingga empat hari. Gejala luka ini dapat sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan, namun resiko penularan akan terjadi jika perawatan tidak dilakukan pada gejala herpes kelamin di atas.

Cara Mengobati Penyakit Herpes


Karena penyakit herpes dapat menyebabkan gejala yang semakin parah jika tidak segera diobati, maka pengobatan untuk penyakit herpes ini perlu dilakukan segera. Pasalnya penyakit herpes pada kelamin pria justru lebih mudah disembuhkan ketika gejalanya muncul. Pasalnya ketika gejalanya hilang, penularan mungkin akan sulit untuk kita deteksi.



Untuk mencegah penularannya penyakit herpes dapat dilakukan dengan menggunakan obat antivirus. Obat antivirus yang tepat dapat Anda dapatkan di Klinik Utama Sentosa. Sebelum pengobatan, berkonsultasi merupakan langkah tepat. Hubungi dokter kami melalui layanan hotline dengan menghubungi nomor 081366657878 .