Sen06Mei201915:57

Bahaya Herpes Kelamin Jika Dibiarkan

Bahaya herpes kelamin jika tidak diobati, beberapa virus herpes dapat menyebabkan meningitis atau ensefalitis. Ensefalitis HSV terutama disebabkan HSV-1, sedangkan meningitis lebih umum disebabkan HSV-2.
Bahaya Herpes Kelamin Jika Dibiarkan
Bahaya Herpes Kelamin Jika Dibiarkan
Selain itu, bahaya herpes kelamin yang disebabkan virus ini dikaitkan dengan meningitis limfositik berulang, yang ditandai dengan serangan mendadak gejala meningitis berlangsung selama2 hingga 7 hari dan dipisahkan oleh interval bebas gejala (laten) yang berlangsung selama beberapa bulan.

Herpes genital dapat menyebar dari cairan tubuh yang terinfeksi, termasuk cairan vagina, air mani, air liur atau lesi herpes, luka atau cairan yang melepuh. Herpes genital hanya dapat dicegah dengan tidak melakukan hubungan seksual.

Seseorang yang memiliki lepuh atau luka terbuka pada tubuh, serta cairan tubuh yang terinfeksi meningkatkan penyebaran herpes genital. Bahkan jika seseorang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun, penularan herpes kelamin tetap dapat terjadi.



Apa itu herpes kelamin dan apa penyebabnya?

Herpes adalah infeksi yang disebabkan virus herpes simpleks (HSV). Virus ini mempengaruhi genitalia eksternal, area anus, permukaan mukosa, serta kulit bagian lain tubuh. Herpes merupakan kondisi jangka panjang, namun banyak orang yang tidak memiliki gejala walaupun mereka membawa virus.

Gejala herpes genital berupa munculnya lepuh, borok, nyeri ketika buang air kecil, luka dingin, serta keputihan. Infekksi yang tidak diobati akan menjadi lebih buruk, terutama bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, menyebabkan HSV menyebar pada area lain dari tubuh meningkatkan risiko infeksi dan bahaya herpes kelamin.

Baca Juga: Apa saja pencegahan virus herpes? klik disini

Tanda dan gejala herpes kelamin

Ketika seseorang pertama kali terinfeksi, kemungkinan tidak mendapatkan luka. Banyak orang dengan infeksi herpes genital tidak mengetahui dirinya terinfeksi karena tidak memiliki gejala. Pertama kali mengalami luka atau lecet biasanya yang terburuk.

Secara umum, penderita merasa tidak sehat seolah terserang flu, kemudian muncul lepuh kecil. Lepuh pecah dan menjadi luka. Kemudian, keropeng terbentuk, dan akhirnya kulit sembuh setelah beberapa minggu, namun bakteri masih tetap berada dalam tubuh. Pada wanita, lepuh dapat muncul sekitar vagina, uretra, serviks, atau diantara vagina dan anus.

Sementara pada pria, lepuh muncul pada penis dan kulup, terkadang dalam uretra, pada skrotum atau area antara penis dan anus. Akan terasa sangat menyakitkan untuk buang air kecil kecil jika urin mengalir di atas luka.

Banyak kasus herpes genital yang tidak muncul sebagai lepuh, dapat muncul sebagai area ruam kecil, kulit pecah-pecah, atau kondisi kulit lainnya pada alat kelamin. walaupun herpes sembuh, virus tetap ada dalam tubuh, dan dapat memiliki lebih banyak wabah (episode berulang).

Untuk pengobatan herpes genital, dokter akan mersepkan obat antivirus, meringankan rasa sakit dan keparahan luka atau lecet yang terjadi, terutama jika terjadi dalam waktu 2 hari dari tanda-tanda lepuh. Jika Anda memiliki banyak wabah, Anda memerlukan pengobatan herpes kelamin yang lebih intensif.

Sebaiknya untuk tidak melakukan tindakan pengobatan apa saja sebelum Anda melakukan konsultasi dengan dokter, termasuk pengobatan obat-obatan sembarangan yang dijual bebas. jangan mengoleskan krim pada luka atau lecet tanpa anjuran dokter, sebab kulit kelamin sangat sensitif.



Komplikasi akibat herpes kelamin

Sebaiknya bicaralah dengan tenaga medis kesehatan profesional jika Anda khawatir tentang bahaya herpes kelamin. beberapa komplikasi atau bahaya herpes kelamin jika dibiarkan, antara lain:

• Seperti kebanyakan PMS, herpes kelamin menempatkan seseorang pada risiko IMS lain, termasuk infeksi HIV.
• Lepuh dapat terinfeksi bakteri lain menyebabkan infeksi kulit menyebar ke bagian tubuh lain.
• Bahaya herpes kelamin lainnya, herpes dapat menyebabkan masalah kandung kemih, peradangan pada lapisan anus.
• Jika Anda hamil, bayi dapat terinfeksi.

Untuk menghindari terjadinya komplikasi akibat herpes genital, sebaiknya dapatkan pengobatan yang tepat dan aman bagi Anda. Untuk mendapatkan hal itu, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin yang memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman dibidang penyakit kelamin.

Hingga saat ini sudah banyak yang datang melakukan pengobatan dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait bahaya herpes kelamin jika dibiarkan, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.