Kam08Agu201913:39

Bagaimana Proses Penyembuhan Herpes Genital?


Proses penyembuhan herpes akan berjalan dengan cepat jika penderitanya segera memeriksakan diri ke dokter. Penyakit herpes ini merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang terjadi akibat herpes simpleks virus atau HSV. Virus herpes ini dapat menyebabkan lecet dan luka yang menyakitkan pada beberapa bagian tubuh yang terinfeksi.
proses penyembuhan herpes

Gejala Penyakit Herpes Genital yang Perlu Diketahui

Terdapat 8 hingga 9 jenis virus yang menjadi penyebab utama penyakit herpes. Namun, yang paling umum hanya dua jenis, yakni varicella zoster dan herpes simpleks . Virus vericella zoster juga merupakan penyebab cacar air sehingga jika Anda pernah menderita cacar kemungkinan besar bisa terinfeksi herpes zoster. Sementara untuk virus herpes simpleks terbagi menjadi dua tipe, yakni 1 dan 2.
 


Penyebab penyakit herpes simplex ada dua tipe, yaitu virus HVS-1 dan virus HVS-2. Virus herpes sangat mudah menginfeksi pada seseorang yang sering bergonta ganti pasangan, aktif secara seksual sejak usia muda, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Beberapa gejala yang akan dirasakan oleh penderita herpes, di antaranya:
 
  • Muncul luka lepuh atau bintil di sekitar mulut dan kelamin.
  • Penderitanya akan merasakan nyeri ketika buang air kecil.
  • Mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  • Terasa gatal pada luka, sakit kepala, hingga kelelahan.
  • Nyeri pada otot, dan ada sensasi terbakar di tempat infeksi.

 

Penyakit herpes kelamin seringkali memunculkan gejala yang mirip dengan infeksi penyakit lain. Karena itu, cara mengetahui penyebab penyakit herpes serta gejala pasti, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli. Dokter biasanya akan melakukan beberapa tes untuk memastikan diagnosis mengenai herpes kelamin lebih lengkap.


Simak, Tips Pengobatan Pada Gejala Herpes

Jika Anda segera berkunjung ke dokter ahli, proses penyembuhan herpes akan berjalan dengan cepat. Proses penyembuhan herpes juga perlu melewati beberapa pemeriksaan untuk mendapatkan hasil diagnosis tepat. Beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis herpes, antara lain:

  • Kultur virus herpes simpleks, dilakukan untuk mendiagnosis adanya virus herpes dengan cara mengusap area kulit atau genital yang terinfeksi.
  • Tes antibodi, dilakukan untuk mendeteksi adanya infeksi primer herpes dengan mengambil sampel darah dari tubuh.

Proses penyembuhan herpes selanjutnya adalah fokus untuk menghilangkan luka atau blister pada kulit yang terinfeksi. Cara ini bertujuan untuk mencegah terjadninya penyebaran herpes pada orang lain. Biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan antivirus yang bisa menghindarkan Anda dari munculnya komplikasi Untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan herpes, berikut beberapa tips pengobatan secara mandiri:

  • Rutin konsumsi obat pereda rasa nyeri sesuai resep dokter.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat atau air suam kuku.
  • Kompres dengan air hangat atau dingin pada kulit yang terinfeksi.
  • Gunakan pakaian longgar atau dari bahan dasar katun.
  • Selalu jaga koreng atau luka herpes agar tetap bersih dan kering.

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Proses penyembuhan herpes bisa Anda ketahui setelah melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.