Sab20Jul201914:54

Bagaimana Perawatan Penyakit Herpes Genitalis Pada Pria?

Penyakit herpes genitalis pada pria disebabkan oleh virus bernama herpes simpleks virus atau HSV. Terdapat delapan jenis virus herpes, namun hanya dua tipe yang paling umum yakni HSV-1 dan HSV-2. Herpes simpleks bisa menyebabkan infeksi pada daerah mulut, wajah, dan organ kelamin. Infeksi virus herpes dapat pula ditandai dengan munculnya lepuhan kulit dan kulit kering.
penyakit herpes genitalis pada pria
penyakit herpes genitalis pada pria

Gejala Herpes Genital Berdasarkan Tahapannya

Gejala penyakit herpes genitalis pada pria dan wanita dapat berbeda-beda setiap tahapannya. Herpes kelamin ini akan menginfeksi tubuh penderitanya, terutama pada daerah mulut, wajah, dan organ kelamin. Gejala penyakit herpes kelamin pada pria atau wanita yang mungkin muncul sesuai dengan tahapannya, antara lain:


  • Tahap primer
Penyakit herpes kelamin pada pria tahap primer memiliki gejala, yakni blister atau luka lepuhan. Luka lepuhan ini muncul dengan ukuran kecil, namun cukup menyakitkan.

  • Tahap laten

Gejala penyakit herpes kelamin pada pria akan memunculkan gejala mirip seperti luka, namun dalam bentuk koreng. Gejala yang muncul ini terkadang tidak menimbulkan rasa sakit, namun ternyata sebenarnya virus sedang menyebar.

  • Tahap peluruhan

Pada tahap peluruhan, virus sudah semakin berkembang di ujung-ujung saraf organ tubuh penderitanya. Ujung saraf yang terinfeksi akan menyebabkan munculnya cairan dalam organ kelamin yang berbentuk seperti semen atau lendir.

  • Tahap rekurensi

Tahap rekurensi atau muncul kembali biasanya akan terlihat gejala herpes kelamin yang sama seperti tahap awal, yakni luka atau blister. Namun, biasanya luka yang muncul kembali pada tahap rekurensi tidak akan separah seperti tahap awal.


Metode Penyembuhan Pada Gejala Herpes Genitalis


Penyakit herpes kelamin pada pria tak hanya bisa diatasi dengan perawatan bersama dokter, namun juga melakukan beberapa hal, seperti mengubah gaya hidup. Cara menangani herpes kelamin dengan mengubah gaya hidup maksudnya adalah rutin menjaga organ kelamin agar tetap bersih dan kering, cuci tangan sebelum atau setelah menyentuh luka, dan pastikan untuk meminum obat herpes yang telah diresepkan oleh dokter secara teratur guna mencegah kekambuhan yang mungkin terjadi.
 
Penyakit herpes kelamin pada pria maupun wanita sebenarnya dapat dicegah dengan mudah. Pencegahan sejak dini sangat berguna untuk menghindari penularan virus penyebab penyakit herpes kelamin pada pria maupun wanita. Beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Tidak melakukan kontak langsung dengan penderita herpes.
  • Hindari menggunakan peralatan mandi secara bergantian.
  • Tidak memakai peralatan makan yang sama dengan penderita.
  • Biasakan untuk mencuci tangan setelah bepergian.
  • Selalu menjaga kebersihan dan kelembapan organ genital.

Untuk menghindari penularan herpes, segera komunikasikan masalah seksual yang Anda miliki dengan pasangan seksual. Komunikasi berguna untuk mencegah penularan virus yang mungkin tidak diketahui. Selain itu, pencegahan juga bisa dilakukan, yakni berhubungan seksual dengan satu pasangan saja. Hubungan seksual yang aman juga harus diterapkan dengan selalu menggunakan pelindung atau kondom. Kondom berguna dalam menlindungi diri Anda dan pasangan dari berbagai penyakit menular seksual lainnya.


Segera Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit herpes kelamin pada pria bisa disembuhkan dengan melakukan penanganan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab, cara pencegahan virus herpes, serta penanganannya. Informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.