Rab02Jan201909:22

Bagaimana Pencegahan Herpes Kelamin?

Pencegahan herpes kelamin bisa dilakukan dengan menghindari faktor risiko yang memicu. Herpes kelamin merupakan infeksi yang terjadi pada organ kelamin baik pria maupun wanita. Penyakit ini termasuk ke dalam jenis infeksi menular seksual atau IMS. Umumnya, infeksi ditularkan melalui hubungan seksual, seperti anal, vaginal, dan oral. Herpes kelamin ditandai dengan luka melepuh berwarna kemerahan sebagai gejala yang menyertai.

pencegahan herpes
pencegahan herpes

Cara Penularan Infeksi Penyebab Penyakit Herpes

Penularan penyakit herpes tak hanya melalui hubungan seksual, namun juga bersin, batuk, dan bersentuhan langsung dengan luka herpes. Terdapat dua jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit herpes, yaitu VZV dan HSV. Virus varicella zoster atau VZV merupakan virus yang mengakibatkan herpes zoster dan biasanya tidak menginfeksi organ kelamin. Sementara itu, herpes simplex virus atau HSV adalah jenis virus yang menyebabkan penyakit herpes genital. Cara penularan kedua jenis virus ini berbeda, yaitu sebagai berikut:


• Herpes kelamin

Penularan penyakit herpes kelamin biasanya lebih mudah terjadi karena adanya kontak langsung. Anda akan terinfeksi virus penyebab herpes kelamin jika bersentuhan dengan daerah yang terinfeksi. Cara penularan virus herpes kelamin, yaitu dengan berciuman dan berhubungan seksual secara oral, anal, dan vaginal.


• Herpes zoster

Virus herpes zotster dapat menginfeksi organ dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun. Virus varicella zoster atau VZV merupakan jenis virus yang biasa menyebabkan penyakit cacar. Karena itu, jika seseorang sudah pernah menderita cacar maka kemungkinan terinfeksi virus zoster sangat kecil.

Beberapa Pencegahan Terhadap Herpes Kelamin

Pencegahan herpes kelamin yang paling utama selama masa perawatan adalah tidak berhubungan seksual. Melakukan hubungan seksual ketika memiliki luka yang terbuka dapat memberikan kesempatan virus untuk berpindah ke pasangan seksual. Beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk pencegahan herpes lainnya, antara lain:


• Gunakan pelindung

Cara pencegahan herpes kelamin adalah dengan menggunakan pelindung atau kondom. Kondom merupakan salah satu alat yang dapat mengurangi risiko penularan virus jika dipakai dengan benar.


• Tidak bergonta ganti pasangan

Memiliki lebih dari satu pasangan seksual berpotensi besar mengakibatkan tingginya risiko penularan virus herpes. Karena itu, pencegahan herpes yang bisa Anda lakukan, yaitu berhubungan sekual dengan satu pasangan saja.


• Jaga kebersihan tangan

Virus penyebab herpes dapat berpindah dengan mudah melalui sentuhan tangan. Oleh karena itu, upaya pencegahan herpes adalah dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang organ kelamin guna menghindari penyebaran virus.


• Komunikasi dengan pasangan

Berkomunikasi mengenai riwayat kesehatan seksual sangat penting ketika akan melakukan aktivitas seksual. Anda atau pasangan wajib mengetahui masalah yang mungkin dimiliki satu sama lain sebagai tindak pencegahan herpes yang menular melalui organ kelamin.
 
Untuk mengurangi risiko tertular virus penyebab herpes, Anda bisa menghindari beberapa hal, seperti tidak menggunakan sikat gigi yang sama, hindari kebiasaan berbagi peralatan makan, dan menggunakan peralatan mandi yang sama dengan penderitanya. Jika tindak pencegahan sudah dilakukan, namun gejala penyakit tetap muncul maka segera lakukan perawatan bersama dokter ahli.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Lakukan konsultasi mengenai penyakit yang Anda derita bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa termasuk salah satu klinik spesialis yang khusus menangani masalah Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Kelamin. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan telah mengikuti kemajuan teknologi.
 
Penanganan berbagai penyakit kulit dan kelamin dapat Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini didukung oleh staf medis terbaik dan tim dokter yang berpengalaman di bidangnya. Tak perlu khawatir mengenai biaya karena cukup terjangkau dan dengan lokasi yang sangat strategis. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.