Sel13Agu201913:50

Bagaimana Cara Menyembuhkan Luka di Bibir Akibat Herpes?

Cara menyembuhkan luka di bibir akibat terinfeksi virus herpes bisa diketahui setelah konsultasi. Konsultasi bersama dokter ahli ini juga bertujuan untuk menghindari penyebaran penyakit lebih lanjut. Penyakit herpes sendiri merupakan salah satu infeksi menular seksual akibat melakukan kontak fisik dengan penderitanya. Herpes di bibir atau dikenal juga dengan herpes labialis disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe 1.
cara menyembuhkan luka di bibir
cara menyembuhkan luka di bibir

Beberapa Gejala Penyakit Herpes Pada Bibir

Jika Anda ingin mengetahui cara menyembuhkan luka di bibir, gejala penyakit herpes perlu dikenali terlebih dahulu. Biasanya, herpes yang menginfeksi area akan memunculkan gejala dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah virus menginfeksi tubuh pertama kali. Gejala herpes bibir ini pada beberapa orang akan berbeda, namun sariawan menjadi tanda utamanya. Selain itu, terdapat gejala lain yang menyertai infeksi ini, seperti:
 

  • Terdapat luka lepuh atau lenting kecil pada bibir dan sekitarnya.
  • Luka lepuh ini dapat menyebar ke area gusi, lidah, hingga bagian dalam pipi.
  • Muncul gejala lain, seperti nyeri otot, demam, serta sakit saat menelan.
  • Adanya lecet atau kemerahan pada gusi, bibir, mulut, dan tenggorokan.

Gejala herpes labialis yang sudah dikenali tersebut bisa mempermudah Anda melakukan beberapa cara menyembuhkan luka di bibir. Meski sudah sembuh, namun bukan berarti virus akan hilang sepenuhnya dari tubuh. Virus penyebab penyakit herpes tetap tinggal di jaringan saraf tulang belakang dalam keadaan tidur. Virus ini akan aktif atau kambuh kembali sewaktu-waktu jika tubuh mengalami kondisi stres atau menderita cedera fisik.


Begini Metode Penyembuhan Gejala Herpes Bibir

Dokter akan memberikan pemeriksaan sebelum melakukan beberapa cara menyembuhkan luka di bibir akibat herpes. Hasil pemeriksaan ini bisa membantu membuktikan apakah penderita positif terdiagnosis herpes. Setelah itu, barulah obat diberikan guna meringankan gejala dan membantu menekan risiko penyebaran virus pada orang lain. Selain pengobatan dengan obat, dokter juga akan menyarankan beberapa cara menyembuhkan luka di bibir, seperti:

  • Jaga selalu kondisi bibir dan mulut agar tetap bersih.
  • Kompres area luka dengan air dingin atau hangat guna meredakan sakit.
  • Hindari mengonsumsi makanan hangat, pedas, asam, serta asin.
  • Rutin konsumsi obat pereda rasa nyeri sesuai resep dokter.

Untuk mempercepat penyembuhan, herpes perlu disertai dengan tindak pencegahan. Beberapa cara mencegah herpes bibir adalah dengan menghindari penggunaan peralatan makan secara bergantian dan hindari melakukan aktivitas seksual secara oral dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksnya. Meski penyatit herpes oral ini lebih sering diderita oleh orang dewasa, namun anak-anak juga dapat terinfeksi sehingga pemeriksaan diri ke dokter sangat diperlukan.


Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara menyembuhkan luka di bibir bisa dilakukan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.