Min09Jun201916:16

Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?

Bahaya penyakit herpes kelamin jika dibiarkan tanpa pengobatan akan meningkatkan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Memiliki luka herpes di alat kelamin akan meningkatkan risiko penularan atau tertular penyakit menular seksual, termasuk AIDS.
Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?
Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?
Selain itu, bahaya penyakit herpes kelamin akan menyebabkan masalah kandung kemih. Dalam beberapa kasus, luka yang terkait dengan herpes dapat menyebabkan peradangan di area tabung yang mengirimkan urin dari kandung kemih ke luar (uretra). Pembengkakan dapat menutupi uretra selama beberapa hari, sehingga membutuhkan pemasangan kateter untuk mengalirkan kandung kemih.

Herpes kelamin dapat dikontrak dari cairan tubuh yang terinfeksi, termasuk cairan vagina, air mani, air liur, atau lesi herpes, luka atau cairan melepuh. Herpes kelamin hanya dapat dicegah dengan tidak melakukan hubungan seksual sembarangan.

Memiliki lepuh atau luka yang terbuka, dan cairan tubuh yang terinfeksi akan meningkatkan penyebaran virus penyebab herpes genital. Bahkan jika seseorang yang terinfeksi tidak menunjukkan adanya gejala apapun, penularan herpes kelamin tetap dapat terjadi.



Gejala herpes kelamin

Merupakan hal yang umum bagi seseorang yang terinfeksi Virus herpes simpleks (HSV) tidak memiliki gejala yang terlihat. Namun, bahkan tanpa gejala, seseorang tetap dapat menularkan virus kepada orang lain. Ketika orang mengalami gejala herpes kelamin, ini umumnya termasuk luka. Ini adalah lepuh yang berkembang dipermukaan kulit dan mungkin tidak nyaman atau gatal, dapat mengeluarkan cairan.

Luka dapat berkembang dimana saja, namun biasanya disekitar kelamin, anus, atau mulut, tergantung pada jenis HSV dan area memasuki tubuh. Gejala-gejala yang lainnya, termasuk:

• Gatal, kesemutan, atau rasa terbakar disekitar area yang terinfeksi.
• Gejala seperti flu.
• Masalah buang air kecil.
• Infeksi mata.

Jika mengalami gejala ini, terutama bagi Anda yang aktif secara seksual lebih baik untuk segera mencari bantuan medis untuk mengatasi gejala dan mencegah virus semakin berkembang. Bahaya penyakit herpes kelamin dapat menyebabkan meningitis atau ensefalitas.

Herpes kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang sangat menular, jika Anda didiagnosis, penting bagi Anda untuk segera memberi tahu pasangan seksual. Ini akan memungkinkan pasangan untuk menghindari bahaya penyakit herpes kelamin dengan di uji dan dirawat segera.

Baca Juga: Bisakah Herpes di Kemaluan Sembuh Total?

Diagnosis dan pengobatan herpes kelamin

Umumnya dokter mendiagnosis HSV dengan melakukan pemeriksaan fisik gejala selama wabah masih ada. Luka lepuh mudah diidentifikasi sebagau tanda infeksi virus penyebab herpes kelamin. Dokter juga akan bertanya tentang gejala yang dialami, jika dokter mencurigan HSV-2, mereka mungkin akan bertanya tentang riwayat kesehatan seksual. Jika tidak memiliki gejala, tes darah dapat dilakukan.

Jangan melakukan tindakan pengobatan apa saja, termasuk mengoleskan krim pada luka di alat kelamin sebelum Anda didiagnosis dan melakukan pemeriksaan ke dokter. Perawatan intensif Anda butuhkan untuk mencegah virus berkembang dan mencegah bahaya penyakit herpes kelamin muncul.

Beberapa perawatan tersedia untuk mengatasi penyakit kelamin herpes, membantu mengendalikan gejala serta mengurangi frekuensi wabah. Beberapa obat terbaik akan diresepkan oleh dokter dapat mengurangi risiko transfer HSV kepada orang lain.



Herpes kelamin? konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Jika Anda ingin terhindar dari berbagai komplikasi penyakit menular seksual termasuk bahaya penyakit herpes kelamin, sebaiknya untuk tidak melakukan hubungan seksual bebas. Namun, jika saat ini Anda mengalaminya, langkah terbaik adalah lakukan pengobatan sejak dini dan pastikan pilihan pengobatan Anda tepat.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin terlatih. Kami, Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan pelayanan medis prima yang akurat dan terarah yang berfokus pada penyebab penyakit. Di dukung peralatan medis canggih dengan biaya yang tidak menguras kantong Anda.

Untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda masih memiliki beberapa pertanyaan lainnya mengenai penyakit kelamin atau bahaya penyakit herpes kelamin, silahkan hubungi hotline kami di 081366657878.