Sen21Jan201913:46

Apakah Herpes Mematikan?

Banyak yang mempertanyakan apakah herpes mematikan. Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit yang menginfeksi tubuh akibat kontak fisik atau seksual dengan penderitanya. Pertanyaan mengenai apakah herpes mematikan muncul karena penyakit ini berkaitan dengan meningkatnya risiko gagal jantung dan juga stroke. Herpes menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke 40 persen lebih besar dialami penderitanya dibanding yang tidak terinfeksi sama sekali
apakah herpes mematikan
apakah herpes mematikan

Penyebab atau Faktor Risiko Adanya Infeksi Herpes

Penyakit herpes yang tidak segera ditangani dapat mengakibatkan munculnya komplikasi penyakit serius. Karena itu, apakah herpes mematikan dapat Anda tanyakan kepada dokter ketika melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah herpes mematikan berdasarkan penyebabnya. Beberapa penyebab penyakit herpes yang perlu Anda ketahui, antara lain:

• Menyentuh dan mencium daerah yang terinfeksi herpes.
• Melakukan kontak seksual secara oral, anal, atau vaginal.
• Kontak antar kulit dengan daerah yang terinfeksi virus.
• Menular dari ibu penderita herpes pada bayi saat masa kehamilan

Penularan virus herpes bisa saja terjadi akibat bersin, batuk, dan pakaian yang terkena luka herpes. Gejala umum yang menandakan adanya virus herpes dalam tubuh dapat, berupa demam, menggigil, nyeri pada persendian, dan munculnya bintik merah pada kulit yang kemudian berisi cairan. Karena itu, untuk mendapatkan kesembuhan maka penanganan harus dilakukan bersama dokter ahli. Sebelum perawatan, biasanya dokter akan mendiagnosis penyakit dengan cara:


• Kultur virus

Pemeriksaan dengan menggunakan kultur virus berguna untuk mendiagnosis ada tidaknya virus herpes dalam tubuh. Metode ini dilakukan dengan cara mengusap area kulit yang terinfeksi dan mengambil cairan untuk diperiksakan di laboratorium


• Tes antibodi

Tes antibodi terhadap virus HSV 1 dan HSV 2 ini dilakukan guna mendeteksi adanya infeksi primer herpes dengan mengambil sampel darah dari tubuh yang kemudian diperiksakan di laboratorium. Metode pemeriksaan ini sangat membantu diagnosis, terutama pada penderita yang tidak mengalami gejala, berupa lepuhan atau koreng pada kulit.


Beberapa Pencegahan Tepat yang Dapat Dilakukan

Apakah herpes mematikan bergantung pada tingkat keparahan penyakit. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan tindak pencegahan sedini mungkin. Pencegahan akan membantu proses penyembuhan penyakit menjadi lebih cepat. Beberapa tindak pencegahan yang dapat Anda lakukan terhadap infeksi virus herpes adalah sebagai berikut:

• Hindari kontak fisik atau langsung dengan penderitanya.
• Tidak menggunakan peralatan mandi secara bergantian.
• Hindari pemakaian alat makan yang sama dengan penderita.
• Usahakan selalu mencuci tangan setelah berpergian.
• Jaga kebersihan area organ kelamin secara rutin.
• Tidak bergonta ganti atau setia pada satu pasangan seksual.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual.

Pengobatan untuk mengatasi apakah herpes mematikan akibat meningkatnya risiko jantung dan stroke bisa dilakukan dengan vaksinasi. Selain vaksin, dokter juga akan merekomendasikan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Pola hidup sehat bisa diawali dengan menghidari konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok. Anda juga perlu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, mengontrol gula darah, dan rutin melakukan olahraga.


Konsultasi Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit herpes dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual terpercaya. Bersama Klinik Utama Sentosa, Anda bisa melakukan konsultasi sebelum perawatan lebih lanjut. Konsultasi ini berguna untuk mengetahui penyebab serta apakah herpes mematikan jika tak segera ditangani.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis dan dengan biaya perawatan yang terjangkau sehingga membuat pasien merasa puas dan nyaman. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Semakin cepat penanganan dilakukan, maka komplikasi penyakit lebih serius bisa dihindari.