Min10Mar201913:23

Apa Saja Pengobatan Penyakit Herpes Bibir?

Herpes bibir merupakan salah satu infeksi akibat virus herpes simplek tipe 1 atau HSV-1. Virus ini biasanya menyerang mulut, bibir, ataupun gusi dan menyebabkan lecet hingga pembengkakan. Penyakit herpes bibir berisiko tinggi diderita oleh orang yang terinfeksi HIV atau penyakit menular seksual lain, seperti gonore dan sipilis. Namun, siapa saja bisa terserang virus herpes tipe 1 apabila masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka.
herpes bibir
herpes bibir

Penyebab Herpes di Bibir dan Gejala yang Menyertai

Virus penyebab herpes bibir ini dapat menyebar melalui air liur orang yang terinfeksi, seperti berciuman. Virus ini juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit sekitar mulut. Setelah infeksi pertama kali masuk, virus akan berada dalam keadaan non-aktif dan beberapa waktu kemudian barulah menimbulkan penyakit herpes bibir. Selain virus, beberapa faktor penyebab herpes di bibir yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut:


• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Sedang menderita infeksi HIV.
• Baru menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi.
• Melakukan hubungan seksual yang tidak aman.

Gejala penyakit herpes bibir akan muncul sekitar 1 hingga 3 minggu setelah terinfeksi virus pertama kali atau masa inkubasi. Gejala yang muncul dapat beragam, namun biasanya ditandai dengan sariawan pada mulut atau bibir. Beberapa gejala penyakit herpes di bibir juga ditandai dengan kondisi, seperti:

• Muncul rasa gatal dan sensasi seperti kesemutan pada area yang terinfeksi.
• Terdapat luka lepuhan atau lenting kecil di area bibir dan sekitarnya.
• Dalam beberapa kasus, luka dapat menyebar ke gusi, lidah, dan pipi bagian dalam.
• Sebagian orang akan merasakan demam, nyeri otot, sakit kepala dan sulit menelan.

Bagaimana Pengobatan Terhadap Penyakit Herpes di Bibir?

Gejala herpes bibir bisa hilang dangan sendirinya tanpa pengobatan bersama dokter dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu. Dokter kemungkinan akan meresepkan obat antivirus guna membantu mengurangi rasa sakit serta meredakan gejala yang muncul. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, Anda juga perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Beberapa pengobatan rumah bisa dilakukan untuk mengatasi herpes di bibir, meliputi:
 

• Selalu cuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah menggunakan toilet.
• Jaga kulit atau bagian yang melepuh agar tetap bersih dan kering.
• Hindari menggunakan peralatan kebersihan pribadi secara bergantian.
• Konsumsi makanan sehat dan usahakan untuk mendapat cukup istirahat.
• Hindari luka dari sinar matahari langsung karena mengakibatkan kekambuhan.

Segera hubungi dokter jika gejala semakin parah, seperti mengalami demam, sakit kepala yang menyakitkan, sesak napas, dan sakit pada mata hingga menyebabkan ketidaknyamanan. Anda juga harus menjaga tubuh agar tidak mengalami stres baik fisik maupun mental. Hal ini dikarenakan stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan kekambuhan penyakit.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit herpes bibir bisa disembuhkan dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.