Kam14Feb201914:00

Apa Saja Jenis Penyakit Herpes?

Jenis penyakit herpes yang paling dikenal adalah herpes genital atau kelamin. Herpes ini disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks atau HSV. Herpes simplex dapat menginfeksi mulut, wajah, serta organ genital atau kelamin. Herpes merupakan nama kelompok virus herpesviridae yang menginfeksi manusia melalui hubungan seks tidak aman. Penyakit herpes ini dapat diderita baik oleh wanita maupun pria yang telah aktif secara seksual.
jenis penyakit herpes
jenis penyakit herpes

Berikut Beberapa Jenis Penyakit Herpes

Penyakit herpes memiliki gejala yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Infeksi virus herpes juga dapat dibedakan berdasarkan tahapannya. Beberapa tahapan infeksi herpes yang perlu diketahui, adalah sebagai berikut:



• Stadium primer
 
Stadium primer akan memunculkan gejala 2 hingga 8 hari setelah infeksi masuk pertama kali. Gejala yang muncul pada tahapan ini, dapat berupa luka lepuhan atau blister berukuran kecil tapi cukup menyakitkan.


• Stadium laten

Pada stadium laten, gejala herpes yang berupa luka atau blister akan mereda dan digantikan dengan koreng. Meskipun begitu, sebetulnya virus sedang menyebar ke saraf dekat tulang belakang penderitanya melalui kulit.


• Stadium peluruhan

Virus mulai berkembang biak pada ujung-ujung saraf di organ tubuh penderitanya. Gejala pada stadium ini tidak akan terlihat, namun sebenarnya sedang berkembang dan bisa menyebabkan komplikasi serius.


• Stadium rekurensi

Stadium rekurensi atau muncul kembali biasanya ditandai dengan blister pada kulit yang serupa dengan gejala di tahap awal atau primer. Namun, luka atau blister tidak akan separah lepuhan sebelumnya.
 
Terdapat berbagai jenis penyakit herpes yang diderita oleh pria maupun wanita. Jenis penyakit herpes dapat dibedakan sesuai dengan tipe virus yang menginfeksi. Berikut beberapa jenis penyakit herpes yang sering menyerang manusia.


• HSV 1

Herpes simpleks virus tipe 1 merupakan virus yang mudah menyebar dengan cepat dan biasanya mengakibatkan herpes oral atau mulut. HSV tipe 1 ini dapat menular kepada orang lain melalui kontak langsung, seperti berciuman, berbagi peralatan makan, dan memakai kosmetik secara bergantian.


• HSV 2

Virus herpes tipe kedua ini umumnya mengakibatkan penyakit herpes genital atau kelamin. Virus dapat ditularkan akibat melakukan kontak dengan luka herpes atau berhubungan seksual dengan penderitanya.
 

• VZV

Varicella-zoster virus atau VZV adalah kelompok alfa herpesviridae yang menjadi penyebab utama cacar air atau herpes zoster. Herpes zoster terjadi ketika cacar air telah sembuh sehingga menyebabkan kekambuhan karena virus bersifat laten atau dapat muncul kembali.


Bagaimana Penanganan Terhadap Virus Herpes

Penanganan utama yang dapat dilakukan untuk menangani berbagai jenis penyakit herpes adalah menghilangkan luka atau blister. Biasanya, dokter akan memberikan beberapa obat antibiotik guna mencegah penyebaran virus herpes. Selain itu, untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan herpes Anda dapat melakukan beberapa penanganan, seperti berikut ini.

• Mengonsumsi obat pereda nyeri secara teratur.
• Rutin mandi dengan air hangat.
• Kompres kulit yang terluka dengan air hangat.
• Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun.
• Selalu menjaga agar luka tetap bersih dan kering.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Berbagai jenis penyakit herpes dapat diketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Tak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan. Sebelum melakukan perawatan, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online sehingga penyebab penyakit dapat diketahui secara pasti. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.