Rab27Feb201916:00

Apa Saja Cara Mencegah Herpes?

Cara mencegah herpes bisa Anda lakukan secara mandiri, seperti menerapkan pola hidup yang sehat. Herpes adalah penyakit menular seksual yang terjadi akibat infeksi virus herpes simpleks atau HSV. Virus ini dapat diderita, baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Bagian tubuh yang diserang oleh virus herpes adalah mulut, wajah, dan organ kelamin atau genital. Penyakit herpes akan ditandai dengan munculnya bintil pada kulit berisi cairan yang berwarna kemerahan.
cara mencegah herpes
cara mencegah herpes

Beberapa Gejala Lain Penyakit Herpes

Penyakit herpes dapat pula menyerang wanita hamil dan berpotensi menyebarkan virus pada bayi dalam kandungannya. Sebagian besar penderita herpes tidak mengetahui jika dirinya telah terinfeksi karena penyakit muncul tanpa gejala apapun. Namun, terdapat beberapa gejala khas dari penyakit herpes, yakni sebagai berikut:


• Rasa nyeri serta gatal pada area organ kelamin.
• Munculnya benjolan atau lenting berukuran kecil.
• Adanya luka yang terbentuk setelah lenting pecah.
• Munculnya luka kering atau koreng setelah luka sembuh.
• Terdapat pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Gejala herpes tersebut akan bertahan selama beberapa minggu dalam tubuh. Setelah gejala pertama ini, virus akan tinggal di sistem saraf sampai sistem imun penderitanya melemah sehingga penyakit dapat kambuh kembali. Beberapa pemicu kambuhnya penyakit herpes, antara lain stres, sedang menderita penyakit lain, sedang menjalani pembedahan, melakukan diet, memasuki periode menstruasi, dan akibat berhubungan seksual yang terlalu melelahkan.

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Virus Herpes

Penanganan herpes biasanya dilakukan dokter dengan meresepkan obat antiviral dalam bentuk pil atau salep guna mempercepat penyembuhan pada peradangan yang terjadi. Selain itu, pereda nyeri juga akan diberikan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan akibat gejala yang muncul. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, Anda harus melakukan beberapa cara mencegah herpes berikut ini.


• Hindari berhubungan seksual

Cara mencegah herpes paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan sembarang orang. Hubungan seksual dengan orang yang berbeda terutama ketika memiliki peradangan pada area kelamin berpotensi mengakibatkan penularan penyakit berbahaya, seperti herpes.


• Gunakan pelindung atau kondom

Melakukan kegiatan seksual yang aman merupakan salah satu cara mencegah herpes yang dapat diterapkan. Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual akan membantu mengurangi risiko terjadinya penularan virus penyebab herpes.


• Batasi jumlah pasangan seksual

Penyakit herpes mudah diderita jika melakukan hubungan seksual dengan banyak orang. Karena itu, cara mencegah herpes yang paling tepat adalah memiliki satu pasangan seksual saja. Jika sulit dilakukan, usahakan untuk membatasi jumlah pasangan dan lakukan kegiatan seksual yang aman.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara mencegah herpes dapat Anda ketahui dengan melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.