Jum01Mar201915:39

Apa Penyebab Herpes Pada Mulut?

Herpes pada mulut disebabkan karena adanya infeksi herpes simpleks 1 atau HSV-1. Virus ini tak hanya menyerang mulut, namun bisa juga muncul pada bibir, gusi, dan juga wajah. Kebanyakan infeksi terjadi akibat melakukan kontak seksual dengan penderitanya secara oral. Herpes pada mulut atau bibir ini diderita oleh orang yang telah terinfeksi HIV atau penyakit menular seksual lain, seperti gonore dan sipilis.
herpes pada mulut
herpes pada mulut

Penyebab Serta Faktor Risiko dari Herpes Mulut

Penyakit herpes pada mulut dapat menyebar melalui air liur penderitanya, seperti berciuman. Virus juga bisa menginfeksi tubuh karena masuk lewat luka yang ada di sekitar mulut. Setelah infeksi pertama terjadi, virus akan menetap di dalam tubuh dalam keadaan non aktif dan dapat muncul sewaktu-waktu hingga mneyebabkan herpes labialis. Beberapa faktor risiko yang akan meningkatkan risiko herpes pada mulut, antara lain:


• Melemahnya sistem kekebalan tubuh.
• Berhubungan seksual yang tidak aman.
• Sedang menjalani kemoterapi untuk kanker.
• Memiliki riwayat infeksi menular lainnya.

Berbagai penyebab tersebut akan menyebabkan munculnya gejala, berupa luka yang terasa sakit pada kedua bagian bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut, dan bagian dalam pipi. Herpes pada mulut yang diakibatkan oleh seks oral juga akan memunculkan gejala, seperti nyeri pada otot dan demam. Virus herpes yang tidak segera ditangani dapat berpindah ke jaringan saraf tulang belakang sehingga meimbulkan komplikasi penyakit lebih serius.

Bagaimana Pengobatan Tepat yang Dapat Dilakukan

Untuk menentukan apakah terdapat infeksi herpes pada mulut, maka pemeriksaan perlu dilakukan oleh dokter. Dokter akan meminta untuk melakukan kultur virus dengan mengambil cairan luka yang ada. Pemberian obat tertentu biasanya diperlukan guna mengurangi gejala yang muncul. Selain dapat meringankan gejala, obat ini juga bertujuan untuk membantu menekan risiko penyebaran virus pada orang lain.
 
Obat untuk penyakit herpes, dapat berupa minum maupun suntik bergantung tingkat keparahan gejala yang muncul. Penggunaan obat bisa membantu menjaga kondisi bibir atau mulut tetap bersih. Rasa nyeri bisa diringankan dengan menggunakan kain hangat atau dingin pada daerah yang terinfeksi. Cara menghindari bertambah parahnya gejala, Anda disarankan menghindari konsumsi minuman hangat, makanan pedas, dan buah-buahan yang asam. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, lakukan beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Tidak melakukan kontak langsung, termasuk hubungan seksual.
• Hindari berbagi peralatan makan, makeup, dan pelembap bibir.
• Cucilah tangan dengan sabun dan air hangat setelah bepergian.
• Menjaga kulit yang terinfeksi agar tetap bersih dan kering.
• Segera hubungi dokter jika muncul gejala penyakit herpes mulut.
• Konsumsi makanan sehat, cukup tidur, serta rajin berolahraga.
• Hindari kulit dari sinar matahari langsung atau gunakan tabir surya.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Munculnya gejala herpes pada mulut bisa ditangani dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan selam melakukan perawatan penyakit. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis pengobatan herpes yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.