Sen06Mei201915:36

Apa Penyebab Herpes Kelamin?

Penyebab herpes kelamin atau dikenal herpes genital disebabkan salah satu herpes virus simpleks (HS). Ada dua jenis, HSV-1 dan HSV-2. Kedua jenis ini dapat menginfeksi genital dan juga area anal (herpes kelamin), mulut serta hidung (luka dingin).
Apa Penyebab Herpes Kelamin?
Apa Penyebab Herpes Kelamin?
Virus penyebab herpes kelamin dapat masuk ke dalam tubuh melalui tubuh kecil retak di kulit atau melalui lapisan lembut yang lembab (selaput lendir) mulut, vagina, dubur, uretra (tabung tempat urin keluar) serta di bawah kulup.

Setelah infeksi virus herpes simpleks, beberapa orang akan mengalami wabah genital herpes, kemudian virus menjadi tidak aktif namun tetap berada di area tubuh tempat terinfeksi. Pada kebanyakan orang virus penyebab herpes kelamin akan aktif kembali dari waktu ke waktu menyebabkan wabah genital lebih lanjut. Kondisi ini dikenal dengan wabah berulang.



Apa saja tanda dan gejala herpes genital?

Banyak orang yang tidak memiliki gejala atau tanda yang terlihat, atau mungkin tidak menyadari bahwa itu adalah luka herpes. Beberapa orang akan mendapatkan gejala dalam 2 hingga 14 hari setelah bersentuhan dengan virus penyebab herpes kelamin. Sementara yang lain, virus mungkin berada dalam tubuh selama berminggu-minggu atau bulan.

Jadi jika seseorang mendapatkan gejala, hal itu tidak selalu berarti bahwa Anda baru saja terinfeksi. Jika gejala muncul, umumnya mengikuti satu pola. Anda mungkin merasakan tidak enak badan seperti flu, termasuk demam, sakit, nyeri di punggung bawah kaki atau selangkangan. Gejala herpes kelamin dapat diikuti dengan:

• Menyengat, kesemutan, atau terasa gatal pada genital dan area anal.
• Cairan keluar dari vagina.
• Lepuh kecil berisi cairan yang mungkin adal dalam genital atau anal, bokong, atau bagian atas paha, ini pecah dalam sehari atau dua hari, meninggalkan luka kecil, dan merah yang sangat menyakitkan.
• Sakit ketika buang air kecil yang disebabkan urin mengalir di atas luka.

Baca juga: Akibat mengabaikan herpes genital! klik disini

Apa pengobatan untuk herpes kelamin?

Tujuan pengobatan herpes kelamin dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit, dan untuk mencegah virus penyebab berkembang biak, perawatan herpes kelamin sangat dianjurkan saat memiliki wabah pertama, sebab hal ini dapat memberikan bantuan yang tepat.

Umumnya perawatan dilakukan dalam lima hari dari awal wabah pertama dan sementara lepuh atau luka masih baru terbentuk. Orang yang memiliki wabah berulang membutuhkan pengobatan intensif untuk dan pengobatan yang aman hingga tuntas.

Jika Anda hamil, atau sedang mencoba untuk hamil, sebaiknya untuk memberi tahu dokter tentang kondisi Anda agar dokter dapat membantu metode pengobatan yang aman bagi Anda. Penting untuk Anda ketahui bahwa penyebab herpes kelamin adalah virus, bukan bakteri, antibiotik tidak akan membantu menyembuhkan infeksi herpes kelamin. Selalu konsultasikan diri Anda untuk mendapatkan pengobatan yang aman dan tidak melakukan pengobatan sembarangan tanpa anjuran dokter.



Herpes di kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan pengobatan infeksi menular seksual yang aman dan akurat hingga tuntas pada pria maupunb wanita, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin terlatih dan sudah berpengalaman yang hingga saat ini sudah banyak membantu mengatasi penyakit kelamin dan pasien puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab herpes kelamin dan untuk membasminya hingga tuntas, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.