Min03Feb201915:31

Apa Itu Virus Herpes Genital?

Virus herpes genital atau HSV merupakan penyebab utama seseorang menderita penyakit herpes. Infeksi akibat virus herpes genital ini dapat menular melalui hubungan seksual, baik secara anal, oral, maupun vaginal. Virus ini akan masuk ke dalam tubuh melalui berbagai membran mokusa di dalam tubuh, seperti mulut, kulit, dan organ kelamin. Gejala penyakit herpes genital bisa muncul kapan saja karena virus yang menginfeksi bersifat aktif dan menetap dalam tubuh.

virus herpes genital
virus herpes genital

Beberapa Gejala Akibat Virus Herpes Genital

Infeksi dari virus herpes genital biasanya ditandai dengan beberapa gejala umum. Namun, terkadang virus ini tidak menyebabkan gejaa bagi seseorang yang baru pertama kali terinfeksi. Gejala tidak muncul dengan jelas sehingga banyak yang tidak menyadari jika sudah terkena infeksi. Karena itu, Anda harus mengetahui beberapa gejala umum yang menyertai, yakni berupa:
 


• Munculnya luka terbuka berwarna kemerahan tanpa rasa sakit.
• Adanya sensasi sakit, gatal, hingga geli di sekitar organ kelamin.
• Merasakan sakit dan nyeri ketika buang air kecil.
• Terdapat luka lepuhan pada leher rahim, rektum, paha, dan bokong.
• Keluarnya cairan asing dari organ kelamin.
• Mengalami gejala flu, seperti demam, tidak nafsu makan, dan kelelahan.

Jika gejala pada infeksi pertama sudah menghilang, bukan berarti virus sudah menghilang. Gejala kambuhan bisa saja muncul karena virus herpes genital masih mengendap di dalam tubuh penderitanya. Meskipun begitu, infeski yang terjadi tidak akan separah infeksi pertama dan dapat menghilang dengan cepat. Karena itu, untuk menghindari kekambuhan penyakit maka segera lakukan pemeriksaan bersama doker ahli.


Diagnosis Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Penyakit herpes harus didiagnosis terlebih dahulu oleh dokter guna menentukan penyebab secara pasti. Dokter biasanya mengawali diagnosis dengan menanyakan gejala yang dialami dan memeriksa kondisi kesehatan tubuh penderitanya. Setelah itu, barulah pengambilan sampel cairan dari luka yang muncul bisa dilakukan. Beberapa tes atau pemeriksaan lainnya, antara lain:

• Tes reaksi polymerase atau PCR, yang berguna untuk menentukan keberadaan virus penyebab penyakit herpes.

• Pemeriksaan darah, biasanya dilakukan guna memeriksa keberadaan serta melihat tipe virus yang menjangkiti tubuh.

Untuk mengurangi gejala penyakit herpes, dokter akan memberikan obat-obatan antivirus. Obat ini berguna untuk mencegah virus berkembang lebih lanjut, namun tidak bisa menghilangkannya dari tubuh secara total. Untuk itu, penanganan mandiri perlu dilakukan unutk meredakan gejala yang muncul. Beberapa tindak perawatan di rumah secara mandiri yang bisa Anda terapkan, seperti:

• Bersihkan luka secara rutin guna mempercepat proses penyembuhan.
• Tutup luka dengan es batu yang dibalut kain untuk meringankan rasa sakit.
• Gunakan krim atau salep penghilang rasa sakit sesuai anjuran dokter.
• Perbanyak konsumsi air mineral agar rasa sakit saat buang air kecil mereda.
• Kenakan pakaian longgar dan nyaman pada area yang mengalami luka lepuh.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit akibat infeksi virus herpes genital dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di wilayah Jakarta. Penanganan penyakit akan dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Melakukan perawatan serta pemeriksaan rutin di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena keringanan biaya diberikan pada pasien. Selain itu, Klinik Utama Sentosa memiliki layanan konsultasi secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna untuk mengetahui penyebab serta jenis pengobatan yang cocok dilakukan. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.