Sab11Mei201915:15

Apa Itu Penyakit Herpes Genital?

Penyakit herpes genital atau herpes kelamin adalah infeksi yang disebabkan herpes simplex virus (HSV). Ini menyebabkan lepuh yang menyakitkan pada alat kelamin dan area sekitarnya. Herpes genital adalah satu jenis infeksi menular seksual (IMS).
Apa Itu Penyakit Herpes Genital?
Apa Itu Penyakit Herpes Genital?
Herpes genital merupakan kondisi kronis atau jangka panjang, HSV dapat mempengaruhi selaput lendir, seperti yang ditemukan pada mulut (luka dingin). Virus tetap ada dalam tubuh dan dapat menjadi aktif kembali suatu waktu.

Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) dapat menyebabkan kelompok lepuh kecil atau luka yang biasanya terjadi pada atau sekitar alat kelamin atau dubur. Pada pria, herpes genital muncul pada batang penis. Sedangkan pada wanita, sering muncul di sekitar pembukaan vagina. Luka mungkin terasa gatal atau nyeri.



Penyebab dan gejala herpes genital

Penyakit herpes genital disebabkan virus herpes simplex (HS), virus ini sangat menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit ke kulit, selama hubungan seksual vaginal, oral, atau anal.

Dalam beberapa kasus, infeksi juga dapat terjadi dengan melakukan kontak dengan bagian tubuh lain yang terinfeksi HSV. Misalnya tertular herpes genital jika melakukan hubungan seks oral dengan seseorang yang menderita sakit flu. Sakit dingin adalah lesi mirip lepuh di sekitar mulut yang disebabkan HSV.

Kebanyakan orang dengan infeksi virus herpes simpleks (HSV) tidak mengalami gejala ketika pertama kali terinfeksi, akibat dari hal ini banyak orang yang terinfeksi tidak tahu memiliki kondisi, sehingg tak jarang gejala muncul sebagai komplikasi akibat penyakit herpes genital. Gejala penyakit herpes genital pertama kalinya, antara lain:

• Lepuh kecil yang meledak meninggalkan luka merah terbuka di area alat kelamin, dubur, bokong lepuh, dan bisul pada serviks.
• Keputihan (pada wanita).
• Sakit ketika buang air kecil.
• Perasaan tidak sehat, nyeri, dan gejala seperti flu.

Untuk infeksi berulang meskipun gejala awal sembuh, virus tetap tidak aktif di saraf terdekat. Virus dapat diaktifkan kembali dari waktu ke waktu, melakukan perjalanan kembali ke saraf ke kulit dan menyebabkan wabah berulang. Gejalanya meliputi:

• Sensasi kesemutan, terbakar atau gatal area alat kelamin, sebelum muncul lepuh merah yang menyakitkan, segera meledak untuk meninggalkan luka disekitar alat kelamin.
• Lepuh dan bisul pada serviks.
• Wabah berulang umumnya lebih pendek.

Baca Juga: Gejala Penyakit Herpes dan Penanganannya! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan

Dokter dapat mendiagnosis penyakit herpes genital dari riwayat medis dan pemeriksaan fisik, terutama pada saat luka herpes khas dalam penampilan. Jika ini merupakan wabah pertama yang dicurigai sebagai herpes genital, pengujiam lebih lanjut dilakukan untuk memastikan diagnosis dan cek laboratorium.

Sebelum Anda melakukan pemeriksaan, sebaiknya untuk tidak sembarangan melakukan pengobatan pada luka herpes di kelamin dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas atau mengoleskan krim pada kelamin tanpa saran dan anjuran dokter.

Jika Anda telah didiagnosis dengan herpes genital, dokter akan melakukan tindakan pengobatan yang aman yang sesuai dengan kebutuhan penyakit. Tidak ada yang dapat Anda lakukan dirumah untuk menyembuhkan herpes kelamin. Anda membutuhkan penangana intensif untuk terbebas dari penyakit kelamin ini.



Herpes kelamin? konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan khusus kulit kelamin, memiliki dokter ahli frofesional terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas.

Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau. Dapatkan kenyamanan selama tindakan pengobatan, sebab kesembuhan dan kesehatan setiap pasien adalah prioritas bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyakit herpes genital, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.