Kam21Feb201916:35

Apa itu Herpes Tipe 1?

Herpes tipe 1 atau disebut juga herpes simpleks 1 (HSV-1) merupakan infeksi yang menyerang mulut, bibir, dan juga gusi. Penyakit herpes tipe 1 biasanya ditandai dengan munculnya pembengkakan pada sekitar mulut serta gusi yang lecet. Penyebab utama penularan virus herpes tipe ini adalah dikarenakan melakukan kontak seks secara oral dengan penderita. Selain itu,virus herpes tipe 1 dapat diderita sejak kecil jika masuk melalui luka terbuka.
herpes tipe 1
herpes tipe 1

Bagaimana Gejala Penyakit Herpes Tipe Ini?

Saat pertama kali terinfeksi virus HSV-1, beberapa penderitanya akan mengalami sariawan sebagai pertanda adanya penyakit. Namun, sebagian besar terkadang tidak menyadari adanya infeksi karena muncul tanpa gejala. Gejala baru akan muncul sekitar 1 hingga 3 minggu setelah terpapar virus herpes. Meskipun begitu, Anda perlu mewaspadai kondisi tubuh yang memunculkan beberapa tanda, seperti:
 


• Adanya rasa gatal pada kulit di sekitar bibir atau mulut.
• Muncul bengkak atau lepuhan di area mulut dan bibir.
• Bagian sekitar mulut atau bibir terasa kesemutan.
• Tubuh terasa demam, lemas, dan nyeri pada otot.
• Terasa nyeri, gatal, dan sensasi terbakar di tempat yang terinfeksi.

Sebelum muncul lesi atau luka lepuh pada kulit, kemungkinan penderitanya akan mengalami sakit pada tenggorokan, demam, hingga sakit saat menelan makanan. Lecet atau kemerahan akibat infeksi herpes tipe 1 dapat muncul pada tenggorokan, gusi, bibir, dan juga mulut. Tak hanya melalui seks oral, virus herpes tipe 1 ini bisa ditularkan penderitanya kepada orang lain melalui beberapa cara lain, seperti berciuman, berbagi peralatan makan, dan memakai alat kosmetik secara bergantian.


Diagnosis Serta Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Penanganan penyakit herpes tipe 1 ini harus segera dilakukan sebelum berlanjut pada kondisi yang lebih serius. Sebelum penanganan, biasanya dokter akan mendiagnosis penyakit dengan mengamati kulit melepuh yang berada di sekitar mulut. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat, dokter juga dapat mengambil beberapa sampel jaringan dan kemudian mengirimnya ke laboratorium guna pemeriksaan lebih lanjut. Setelah itu, barulah penanganan penyakit dapat dilakukan, yakni sebagai berikut:

• Rutin mengonsumsi obat pereda rasa nyeri sesuai resep dokter.
• Kompres kulit yang terinfeksi dengan air hangat atau air dingin.
• Cuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah menggunakan toilet.
• Jaga kulit yang terinfeksi virus herpes agar tetap bersih dan kering.
• Hindari menggunakan alat-alat kebersihan pribadi secara bergantian..
• Rutin mandi dengan menggunakan air hangat guna meredakan rasa sakit.
• Konsumsi makanan yang sehat, cukup istirahat, dan rutin berolahraga.
• Usahakan untuk melindungi kulit yang terinfeksi dari sinar matahari langsung.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit herpes tipe 1 dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih dan berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa menjadi piilihan banyak orang untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Salah fasilitas unggulan yang dimiliki klinik ini, yaitu layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.