Sen25Feb201915:48

Apa Herpes Labialis Bisa Sembuh?

Herpes labialis bisa sembuh jika penanganan segera dilakukan sebelum penyakit bertambah serius. Herpes labialis merupakan salah satu penyakit menular yang menyerang area bibir atau mulut penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi virus herpes simpleks tipe 1 atau HSV-1. Herpes tipe 1 sangat mudah menular pada orang lain sehingga penanganan tepat bersama dokter harus Anda lakukan jika gejala sudah mulai terlihat.
herpes labialis bisa sembuh
herpes labialis bisa sembuh

Bagaimana Tanda Adanya Herpes Labialis?

Beberapa penderita herpes labialis akan mengalami sariawan saat pertama kali terinfeksi virus tipe 1. Biasanya, gejala baru muncul dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah terpapar virus dan dapat bertahan selama 3 minggu. Tanda atau gejala yang akan terlihat jika Anda terserang virus herpes simpleks 1, antara lain:


• Terasa gatal pada daerah yang terinfensi, seperti bibir.
• Adanya pembengkakan atau lepuhan di area mulut.
• Bibir atau mulut yang terinfeksi sering kesemutan.
• Sebelum muncul lepuhan, tenggorokan akan terasa sakit.
• Tubuh mengalami demam dan sakit ketika menelan.

Faktor penyebab yang dapat meningkatkan risiko herpes pada bibir atau mulut adalah sistem kekebalan tubuh yang lemah, memiliki riwayat penyakit HIV, sedang menjalani pengobatan secara kemoterapi, dan karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Herpes labialis bisa sembuh jika penanganan segera dilakukan ketika gejala awal penyakit terdeteksi sejak dini.


Penanganan Terhadap Gejala Herpes Labialis

Herpes labialis bisa sembuh jika penyebab penyakit diketahui secara pasti. Biasanya, dokter akan mendiagnosis penyakit dengan mengamati kulit lepuhan di sekitar mulut atau bibir. Pengambilan sampel jaringan juga dibutuhkan guna pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan lain yang mungkin dokter lakukan, antara lain pengembangbiakkan virus, pemeriksaan DNA virus, dan tes untuk memeriksa Tzanck HSV.
 
Untuk mengetahui apakah herpes labialis bisa sembuh atau tidak adalah berkonsultasi dengan dokter. Herpes labialis bisa sembuh karena melakukan penanganan bersama dokter, yakni mengonsumsi obat antibiotik. Pengobatan ini bertujuan untuk mengendalikan gejala, menekan aktivitas virus dalam tubuh, dan memperpendek durasi sakit. Herpes labialis bisa sembuh jika perawatan disertai dengan penanganan mandiri, seperti:


• Usahakan menjaga kulit yang terinfeksi tetap bersih dan kering.
• Tidak berciuman atau melakukan seks oral dengan penderita.
• Hindari menggunakan peralatan kebersihan pribadi secara bergantian.
• Selalu cuci tangan dengan sabun dan air hangat sehabis menggunakan toilet.
• Perbanyak konsumsi makanan sehat, cukup tidur, dan rutin berolahraga.\

Jika kepala terasa sakit, mengalami sesak napas, atau sakit mata yang cukup mengganggu, maka segera hubungi dokter guna mendapatkan penanganan. Kondisi ini mengindikasikan kemungkinan terjadinya kekambuhan penyakit. Penanganan bersama dokter ahli harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Herpes labialis bisa sembuh dengan melakukan perawatan penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi bersama staf medis berpengalaman di bidangnya guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.