Jum14Jun201911:23


Apa Bahaya Sekaligus Gejala Herpes Kelamin Pada Wanita?

 

Gejala herpes kelamin pada wanita muncul biasanya sedikit berbeda dengan gejala yang muncul pada pria, terlebih lagi herpes merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh wanita. Diantara penyakit menular seksual yang dapat dialami oleh pria mapun wanita, herpes adalah penyakit yang gejalanya cukup mengganggu kenyamanan. Penyakit ini memunculkan gejala seperti rasa sakit dan nyeri yang tentunya membutuhkan penanganan segera agar dapat sembuh.

herpes kelamin pada wanita
herpes kelamin pada wanita


Herpes kelamin disebabkan oleh adanya infeksi virus HPV yang dapat menyebar melalui hubungan seksual dari satu orang ke orang lainnya. Bahkan, jika herpes kelamin ini terjadi pada wanita hamil, bayi dalam kandungannya rentan tertular penyakit herpes yang diderita oleh ibunya. Biasanya penularan terjadi ketika sang ibu melahirkan secara normal saat sedang menderita penyakit herpes.

Bahaya Penyakit Herpes Kelamin Pada Wanita


Wanita merupakan yang paling sering terkena infeksi virus penyebab penyakit herpes. Herpes sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus. Herpes simpleks virus merupakan penyebab utama terjadinya penyakit herpes, namun hal tersebut dapat meningkat risikonya ketika seseorang aktif dalam berhubungan seksual terutama yang suka bergonta-ganti pasangan.


Berhubungan seksual dengan cara yang tidak aman berisiko besar menyebabkan adanya penyakit herpes ditularkan kepada orang disekitar penderitanya. Biasanya seseorang yang terkena herpes saat telah didiagnosis positif, maka pasangannya juga perlu menjalani pemeriksaan. Pasalnya kemungkinan pasangannya telah terinfeksi HPV lebih besar mengingat cara penularan virus penyebab herpes melalui hubungan seksual. Selain menular, herpes juga dapat menyebabkan adanya iritasi pada kulit, bahkan kematian jika tidak segera diatasi. Pada wanita hamil, tentu penyakit herpes juga dapat meningkatkan risiko kelahiran serta penularan penyakit pada bayi yang dilahirkan.

herpes kelamin pada wanita
herpes kelamin pada wanita

Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita


Penyakit herpes kelamin pada wanita perlu diwaspadai, pasalnya pada wanita penyakit ini dapat menyebabkan berbagai bahaya dari mulai masalah kulit hingga kematian. Untuk mencegah penyakit ini semakin menyebar sebaiknya dilakukan pengobatan yang tepat sesuai dengan saran dokter. Pengobatan secara mandiri kurang disarankan karena kurang aman dan lebih berisiko. Bintil yang merupakan gejala awal juga dapat muncul kembali jika herpes kambuh, bahkan dapat menjadi lebih parah. Jika dilihat secara umum, penyakit herpes pada wanita memiliki gejala seperti berikut :

• Muncul luka lenting yang dapat berubah menjadi koreng jika telah sembuh dan mengering.
• Rasa nyeri maupun gatal di sekitar area alat kelamin.
• Rasa nyeri setiap kali buang air kecil.
• Gejala yang mirip flu seperti sakit kepala, demam, bahkan pembengkakan pada kelenjar getah bening serta nyeri otot.

Luka lenting yang muncul dapat berupa benjolan lenting putih yang kecil maupun benjolan merah dimana gejala ini dapat muncul setiap kali penyakit herpes kambuh. Luka yang muncul pada gejala pertama dengan saat kambuh biasanya sedikit berbeda. Luka yang muncul saat kambuh bisa jauh lebih parah, dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.


Cara Mengobati Penyakit Herpes Kelamin Pada Wanita

Untuk mengobati penyakit herpes kelamin pada wanita, perlu dilakukan diagnosis terlebih dahulu untuk mengetahui virus penyebabnya. Pasalnya ada beberapa jenis penyakit herpes yang dibedakan berdasarkan virus penyebabnya. Herpes kelamin biasanya disebabkan oleh virus simpleks atau HPV tipe 1 maupun 2. Setelah diketahui penyebabnya, barulah langkah pengobatan dapat dilakukan.
 
Pengobatan yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit herpes kelamin pada wanita adalah obat antibiotik maupun obat lainnya yang bisa didapatkan dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter. Jika Anda bingung dimana dapat melakukan pemeriksaan, silahkan datang langsung ke klinik kami di Klinik Utama Sentosa. Anda dapat mengonsultasikan keluhan yang Anda alami dengan datang langsung ke klinik. Kami juga memiliki layanan konsultasi gratis melalui hotline di 081366657878 .