Rab09Jan201909:59

Apa Bahaya Herpes Kelamin?

Bahaya herpes kelamin dapat muncul jika penyakit tak segera ditangani dengan tepat. Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh adanya infeksi virus herpes simplex atau HSV. Herpes yang telah menginfeksi tubuh penderitanya akan ditandai dengan gejala, seperti kemunculan luka melepuh yang berwarna kemerahan. Luka ini akan pecah hingga menyebabkan rasa sakit di sekitar daerah yang terinfeksi.

bahaya herpes kelamin
bahaya herpes kelamin
Virus HSV ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Kedua tipe ini mengakibatkan munculnya gejala di tempat yang berbeda-beda. HSV tipe satu biasanya hanya menyerang bagian bibir dan tidak selalu berkaitan dengan area genital. Sementara untuk HSV tipe 2, gejala yang muncul banyak terdapat di sekitar kelamin atau dari pinggang sampai ke bawah.

 


Penyebab Serta Bahaya Penyakit Herpes Kelamin

Satu-satunya penyebab bahaya herpes kelamin adalah penyebaran virus herpes simplex melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi. Virus yang menyebabkan bahaya herpes kelamin menular melalui bagian tubuh yang lembab, seperti dinding kulit kelamin, mulut, dan anus. Selain itu, penyebaran virus dapat terjadi lewat luka terbuka di sekitar mulut, mata, atau bagian tubuh lainnya.
 
Virus juga dapat menginfeksi penderitanya karena menggunakan alat atau mainan seksual yang telah terkontaminasi. Bahaya herpes kelamin pada ibu hamil adalah menularnya infeksi pada bayi yang dikandunganya. Bayi yang baru lahir dari seorang ibu penderita herpes kelamin akan tertular virus melalui proses persalinan secara normal. Bahaya herpes kelamin pada bayi yang telah terinfeksi, yakni berupa kejang-kejang hingga kematian. Beberapa bahaya herpes kelamin yang akan terjadi pada penderitanya, antara lain:

• Munculnya gangguan pada sistem pernapasan.
• Menimbulkan masalah atau gangguan pada organ hati.
• Komplikasi penyakit menular seksual, seperti HIV/AIDS.
• Adanya infeksi pada kandung kemih.
• Mengakibatkan masalah peradangan, seperti meningitis.

Pencegahan yang Dapat Dilakukan

Herpes dapat menular dengan cepat melalui sentuhan, ciuman, terutama kontak seksual. Virus herpes mudah menular ketika luka dalam keadaan terbuka, lembab dan mengeluarkan sedikit cairan. Namun, untuk mencegah penularan penyakit ini Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.
 
• Cucilah tangan sebelum atau sesudah menyentuh luka agar terhidar dari penyebaran virus ke bagian tubuh atau orang lain.

• Lakukan aktivitas seksual yang aman, yakni dengan menggunakan pelindung jika melakukan hubungan seksual yang berisiko.

• Membicarakan riwayat seksual kepada pasangan seksual guna membantu mengurangi adanya penularan lebih lanjut.

• Hindari kontak langsung dengan penderitanya, seperti ciuman dan oral seks karena virus dapat menyebar dari alat kelamin ke mulut atau dari mulut ke mulut.

• Hindari kebiasaan berbagi atau memakai pakaian dalam dan peralatan mandi yang sama dengan penderita herpes kelamin.


Cara Menangani Penyakit Herpes Kelamin


Penanganan terhadap penyakit herpes kelamin yang sedang diderita adalah melakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik spesialis kulit dan kelamin terpercaya yang berada di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan didukung berbagai peralatan yang canggih dan modern.

Tak perlu ragu untuk melakukan penanganan penyakit Anda karena Klinik Utama Sentosa menawarkan biaya perawatan yang cukup terjangkau. Salah satu keunggulan yang dimiliki Klinik Utama Sentosa adalah memprioritas pelayanan medis terhadap pasien sehingga tercipta kepuasaan setelah melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin. Untuk informasi lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.