Jum02Agu201917:00

Adakah Tanda Herpes Akan Sembuh?

 

Tanda herpes akan sembuh dapat Anda ketahui dengan memeriksakan diri ke dokter. Herpes ada beberapa jenisnya, dan yang paling sering ditemui adalah herpes zoster dan herpes genita. Apa itu penyakit herpes zoster? Dikenal juga dengan penyakit cacar ular atau cacar api, merupakan kondisi lanjut dari penyakit cacar air.

tanda herpes akan sembuh
tanda herpes akan sembuh


Lalu apakah penyakit herpes genital? Mari kita kenali lebih jauh mengenai kedua penyakit herpes ini untuk dapat mewaspadai bahaya yang dapat disebabkannya. Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit menular seksual yang mudah menular. Bahkan dari kontak langsung dengan gejala lukanya penyakit herpes dapat menular dan menyebar kepada orang lain. Tanda herpes akan sembuh dapat dilihat dari gejala yang muncul.

Apa Itu Herpes Zoster?


Herpes zoster yang dikenal juga sebagai penyakit cacar ular merupakan kondisi kelanjutan dari penyakit cacar air. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa pandang umur. Anak-anak maupun dewasa dapat mengalaminya. Cara penularan penyakit ini juga sangat banyak. Tak hanya menular melalui sentuhan, herpes zoster bahkan dapat menular melalui udara. Ketika bersin maupun jatuh, herpes zoster virus penyebabnya dapat menyebar.

Penyakit ini juga dapat memunculkan gejala di berbagai bagian tubuh. Berbeda halnya dengan penyakit herpes genital yang hanya muncul gejala pada penderitanya di bagian tertentu. Herpes zoster adalah penyakit yang dapat menular melalui berbagai cara, jadi penularannya jauh lebih mudah terjadi. Untuk mengatasi penyakit ini, maka perlu dilakukan langkah pengobatan segera dan perawatan yang tepat agar tidak menular dan lukanya bertambah parah. Tanda herpes akan sembuh biasanya ditandai dengan munculnya luka koreng yang mengering dan meninggalkan bekas. Namun, untuk memastikan bahwa penyakit herpes zoster yang Anda derita telah sembuh atau tidak sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter. Pasalnya tanda herpes akan sembuh bisa jadi tidak hanya muncul sekali. Herpes dapat kembali menimbulkan gejala jika penderitanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.


Apa Itu Herpes Genital?


Beda halnya dengan herpes zoster, herpes genital ini termasuk ke dalam jenis penyakit menular seksual. Cara penularan virus penyebab penyakit herpes genital adalah melalui aktivitas berhubungan seksual. Meskipun virusnya tidak dapat menyebar melalui udara, namun herpes genital ini juga dapat menular melalui kontak langsung dengan luka lenting yang merupakan gejala herpes genital. Penyakit herpes genital ini bahkan dapat menyebabkan gejalanya muncul kembali meskipun tanda herpes akan sembuh telah muncul.

Jika virus penyebabnya belum diatasi dengan benar, maka gejala penyakit herpes ini dapat kembali muncul sewaktu-waktu. Penyakit herpes genital merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena bahkan mereka yang sudah sembuh juga dapat terinfeksi kembali oleh virusnya. Salah satu cara untuk mencegah virusnya agar tidak menyebar kepada orang lain adalah dengan menggunakan obat antivirus. Tak hanya itu, penyebaran penyakit herpes genital ini juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi jika sudah menginfeksi organ lain. Tanda herpes akan sembuh dapat dilihat jika setelah melakukan pengobatan beberapa bulan tidak ada lagi gejala yang muncul.

tanda herpes akan sembuh
tanda herpes akan sembuh

Penularan Penyakit Herpes Genital


Tidak seperti herpes zoster yang penularannya dapat dilakukan dengan mudah bahkan melalui udara, namun herpes genital jauh lebih berbahaya. Pasalnya jika dibiarkan semakin parah, herpes genital dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit menular seksual lain. Bahkan hingga meningitis yang merupakan peradangan pada selaput otak. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Selain menular melalui hubungan seksual baik oral, anal, maupun vaginal, herpes genital dapat menyebar melalui kontak langsung. Jika bersentuhan kulit dengan penderita herpes genita, maka penularannya dapat terjadi. Selain itu, penyakit herpes jenis ini juga dapat menular dari ibu ke janin yang dikandungnya jika menginfeksi wanita hamil. Anak yang terinfeksi penyakit herpes genital berisiko mengalami kerusakan otak, kebutaan, hingga kematian.

Untuk mencegah penularannya, maka jauhi hal-hal yang dapat menyebabkan virus penyebab herpes genital yaitu Herpes simpleks menular. Selain itu, segera lakukan pengobatan begitu menemukan gejala herpes genital. Jangan berhubungan seksual terlebih dahulu sebelum melihat tanda herpes akan sembuh. Selain menghindari cara penularannya, lakukan juga pencegahan dengan menggunakan obat antivirus untuk menghentikan penyebarannya. Obat ini juga akan membantu infeksinya tidak menyebar ke organ vital lainnya dan menyebabkan komplikasi. Yang paling penting penggunaan obat anti virus nya harus sesuai dosis. Pasalnya jika tidak, justru dapat menyebabkan resistensi dan akan lebih sulit untuk menyembuhkan penyakit menular seksual.

Bahaya Penyakit Herpes Genital


Lakukan pengobatan pada penyakit herpes genital hingga tanda herpes akan sembuh terlihat. Jika tidak, maka gejalanya akan muncul kembali dan menyebabkan berbagai bahaya seperti berikut:

• Meningitis

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit herpes genital dapat menyebabkan penyakit yang satu ini. Meningitis, yaitu peradangan yang terjadi pada lapisan pelindung otak dan saraf tulang belakang yaitu meninges. Otak dan tulang belakang merupakan tempat dimana sistem saraf berada. Ketika saraf terkena peradangan, maka seluruh kerja organ tubuh yang digerakkan dengan saraf dapat terganggu. Penyakit ini dapat menyebabkan migrain hingga kerusakan otak.

• Proktitis

Bahaya selanjutnya akibat penyakit herpes genital adalah peradangan pada rektum. Prokitis dapat diderita oleh mereka yang mengalami penularan penyakit herpes genital melalui hubungan seksual secara anal.

• Infeksi saluran kemih

Herpes genital menyebabkan gejala luka dimana luka ini dapat menyebabkan peradangan pada kandung kemih yang merupakan bagian dari sistem saluran kemih. Hal ini dapat menyebabkan tertutupnya saluran lubang kencing.

• Penyakit menular seksual lain

Yang tak kalah bahaya, penyakit herpes genital ini juga dapat memicu terjadinya penyakit menular seksual lain seperti HIV AIDS yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan lebih mudah terinfeksi oleh penyakit lainnya sehingga menyebabkan komplikasi karena sistem kekebalan tubuhnya lemah.

• Infeksi pada bayi yang baru lahir

Bahaya yang paling terakhir ini dapat terjadi pada wanita hamil. Untuk itu segera lakukan pengobatan terhadap penyakit herpes genital ketika menemukan gejalanya. Jika menular kepada bayi yang baru lahir maka akibatnya dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan otak, hingga kematian.

Bahaya ini dapat dihindari jika begitu gejala awal penyakit herpes genital muncul. Meskipun gejalanya dapat sembuh sendiri, namun tetap lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan cara yang tepat. Jika sudah menyebar, herpes genital akan lebih sulit untuk disembuhkan. Lakukan pengobatan hingga muncul tanda herpes akan sembuh.


Mengobati Penyakit Herpes Genital
Pengobatan penyakit herpes genital dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Ingat, lakukan pengobatan hingga tanda herpes akan sembuh terlihat. Ketika dokter belum menyatakan penyakitnya benar-benar sembuh, maka jangan berhubungan seksual. hindari juga hal-hal yang berisiko menyebabkan herpes genital menular. Untuk perawatan terhadap gejalanya serta mengobati virus penyebab herpes genital, silahkan lakukan konsultasi dengan dokter kami di nomor 081366657878.