Min03Mar201915:09

5 Tips Menangani Herpes Pada Bibir

Penyebab herpes pada bibir adalah virus herpes simpleks tipe 1 atau HSV-1. Infeksi virus herpes ini tak hanya menyerang bibir, namun ditanda pula dengan pembengkakan pada mulut dan gusi. Beberapa orang mengalami sariawan saat pertama kali terinfeksi virus penyebab penyakit herpes pada bibir. Gejala akan muncul dalam waktu 1 hingga 3 minggu setelah terpapar virus.
herpes pada bibir
herpes pada bibir

Beberapa Tanda Penyakit Herpes Bibir


Gejala herpes pada bibir ditandai dengan luka yang terasa sakit pada kedua bagian bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut, serta bagian dalam pipi. Selain muncul gejala herpes pada bibir, virus ini juga menyebabkan adanya luka pada leher atau bagian wajah lainnya. Dalam beberapa kasus, penyakit herpes pada bibir akan memicu gejala lainnya, berupa nyeri pada otot dan demam. Namun, terkadang penderita tidak menyadari infeksi karena penyakit muncul tanpa gejala.



Herpes pada bibir biasanya menyerang orang yang terinfeksi penyakit menular seksual, seperti gonore dan sipilis. Terjadinya herpes di bibir dapat pula dipengaruhi oleh faktor risiko. Beberapa faktor yang meningkatkan seseorang terserang penyakit herpes bibir adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sedang menderita penyakit HIV, menjalani pengobatan kemoterapi akibat kanker, dan melakukan hubungan seksual yang tidak aman.

KETAHUI INI PENYEBAB HERPES DI BIBIR*

Bagaimana Cara Menangani di Bibir?


Gejala penyakit herpes di bibir dapat menghilang dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu dengan pengobatan bersama dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antivirus guna membantu mengurangi rasa sakit serta menghilangkan gejala yang muncul. Untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok dilakukan, kemungkinan dokter melakukan diagnosis, seperti pengembangbiakkan virus, pemeriksaan DNA virus, dan tes memeriksa HSV. Untuk mendapatkan kesembuhan optimal, beberapa tindak pencegahan yang bisa dilakukan, adalah sebagai berikut:

• Cucilah tangan dengan sabun dan air hangat setelah menggunakan toilet.
• Jaga kulit yang terinfeksi virus herpes tetap bersih dan kering.
• Tidak melakukan kontak fisik, seperti berciuman dengan penderitanya.
• Hindari menggunakan peralatan kebersihan secara bergantian.
• Konsumsi makan sehat, cukup istirahat, dan perbanyak olahraga.
• Hindari sinar matahari secara langsung pada kulit yang terinfeksi herpes.
• Tidak melakukan kontak seksual jika gejala masih kerap muncul.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari faktor penyebab stres mental maupun fisik. Hal ini dilakukan karena stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit mudah kambuh. Untuk mengurangi durasi lama penyakit menginfeksi tubuh, biasanya disarankan untuk menjalani terapi antiretrovirus sedini mungkin. Jika gejala lain masih kerap muncul meski sudah diobati, segera hubungi dokter untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.



Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala herpes pada bibir bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan medis di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.