Rab08Mei201911:54

Waspadai Infeksi Bakteri Penyebab Penyakit Gonore 

 

Bagi Anda yang aktif berhubungan seksual, hati-hati terhadap bahaya penyakit gonore yang jika tidak segera diobati dapat menular pada pasangan seksual Anda. Gonore, dikenal juga dengan kencing nanah adalah akibat infeksi bakteri pada alat kelamin yang ditandai dengan gejala keluarnya cairan keputihan dari alat kelamin seperti nanah. Gonore dapat terjadi pada pria dan wanita serta ditularkan melalui hubungan seksual. Bakteri penyebab penyakit gonore adalah Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus.



Jika dibiarkan tanpa penanganan, gonore ini cukup berbahaya karena dapat menginfeksi organ pada sistem kemih seperti uretra, saluran kemih, bahkan organ tubuh lainnya. Pada wanita hamil, bayi dalam kandungannya berisiko tertular penyakit ini. Selain itu, gonore ini juga dapat membahayakan kehamilan jika tidak segera diobati. Gejala yang terjadi pada pria dan wanita sedikit berbeda. Pada wanita, penyakit gonore ini cukup sulit untuk dideteksi. Pasalnya gejala yang muncul seringkali mirip dengan gejala penyakit lain. Untuk mendiagnosis penyakit ini perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Gejala Penyakit Gonore Atau Kencing Nanah


Saat bakteri penyebab gonore menginfeksi, maka penderita akan mengalami gejala seperti berikut ini :

• Frekuensi buang air kecil meningkat
• Rasa nyeri ketika buang air kecil
• Pembengkakan pada testis dan vulva pada wanita
• Radang tenggorokan pada pria

Baca Juga : Gonore Pria Apakah Bisa Sembuh?



•Sedangkan pada wanita tenggorokan terasa panas setelah melakukan seks oral
•Pendarahan atau keluar darah bukan pada periode menstruasi
•Rasa nyeri pada perut bagian bawah pada wanita
•Keputihan kuning kehijauan

Gejala yang dialami wanita hampir mirip dengan tanda saat akan mengalami menstruasi, makanya seringkali sulit dideteksi. Namun, setelah mengetahui gejala diatas, paling tidak Anda harus waspada jika mengalami gejala diatas. Penanganan yang dilakukan lebih cepat dapat mencegah bakteri penyebab gonore menginfeksi organ lain dan menyebabkan komplikasi.

Risiko dan Bahaya Penyakit Gonore


Jika telah mengalami gejala seperti diatas, namun tidak segera dilakukan pemeriksaan dan perawatan, maka gonore dapat berisiko komplikasi. Bakteri penyebab gonore akan menyebar ke organ penting lainnya dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya. gonore ini paling banyak diderita wanita karena letak uretra wanita yang dekat dengan anus. Bakteri penyebab gonore masuk melalui anus dan mulai menginfeksi organ bagian dalam. JIka dibiarkan terlalu lama, penderita dapat mengalami radang panggul.

Sedangkan untuk wanita yang sedang hamil berisiko mengalami hamil ektopik atau hamil di luar kandungan. Selain membahayakan ibunya, kehamilan ektopik juga berbahaya bagi si jabang bayi. Meskipun penyakit gonore merupakan salah satu penyakit yang umum, namun jangan sekali-kali meremehkan bahayanya.


Bagaimana Pengobatan Gonore?

Penyakit gonore dapat disembuhkan jika saat terjadi gejala Anda segera melakukan tindakan penanganan. Untuk mengetahui apakah gejala yang Anda alami adalah tanda gonore, lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa. Pengobatan penyakit yang satu ini dapat dilakukan dengan mengunakan obat antibiotik. Untuk mendiagnosis gonore ini, biasanya Anda harus melakukan tes urine untuk mendeteksi jenis baktri penyebabnya. Karena pada wanita, penyakit gonore ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit yang menyerang organ kewanitaan.
 
Pengobatan gonore harus dilakukan dengan segera setelah gejala mulai muncul. Apalagi untuk ibu hamil, gonore harus disembuhkan sebelum proses melahirkan, karena penderita gonore yang melahirkan bayi akan berisiko menularkan penyakitnya pada bayi. Melakukan seks aman merupakan salah satu solusi jika tidak ingin terkena penyakit gonore. Namun, bagi yang sudah terinfeksi bakteri penyebab gonore, lakukan pengobatan sesuai saran dokter agar lebih aman. Untuk konsultasi dapat dilakukan lewat hotline di nomor 081366657878 .